Sukses

Sambut Ramadan, BI Medan Siapkan Dana Rp 4,2 Triliun

Loket penukaran yang disediakan oleh Bank Indonesia Medan rencananya akan dibuat dengan sistem drive thru.

Liputan6.com, Medan - Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Medan Sumatera Utara, menyediakan uang kartal sebesar Rp 4,2 triliun.

Kepala BI Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Difi A. Johansyah mengatakan, BI nantinya akan mendistribusikan dana Rp 4,2 triliun tersebut ke 45 loket di 8 wilayah. Oleh sebab itu, masyarakat Medan yang ingin menukarkan uangnya bisa mendatangi loket-loket tersebut.

"Dengan 45 loket yang tersebar di 8 wilayah di Kota Medan, kami berharap masyarakat secara mendapatkan kesempatan untuk melakukan penukaran uang dari Bank Indonesia," kata Difi, Rabu (10/6/2015).

Loket-loket penukaran yang disediakan oleh Bank Indonesia Medan rencananya akan dibuat dengan sistem drive thru di kawasan Lapangan Merdeka Medan, kemudian di perbankan dan di lokasi-lokasi strategis seperti pasar dan pusat-pusat perbelanjaan modern. Selain itu, juga ada sistem penukaran bagi nasabah bank yang menggunakan kartu debit.

"Rencananya sistemnya drive thru di kawasan Lapangan Merdeka, ada juga sistem penukaran dengan menggunakan debit. Intinya kami mau memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal penukaran uang menyambut Ramadan dan Lebaran," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data divisi sistem pembayaran Bank Indonesia, disebutkan bahwa pada tahun 2013 arus uang yang mengalir (outflow) kepada masyarakat sebesar Rp 3,5 triliun dan pada tahun 2014 sebesar Rp. 3,75 triliun.  Untuk tahun 2015 ini diprediksi sebesar Rp. 4,2 triliun.

"Untuk penukaran uang perihal menyambut Ramadan dan Lebaran 2015, akan diberlakukan selama 2 minggu, yakni dari tanggal 1 hingga 14 Juli 2015," tukas Difi. (Reza Perdana/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.