Sukses

Pertamina Bangun 4 SPBU di Tol Cikampek-Palimanan

Dua SPBU akan diresmikan pengoperasiannya pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan membuat empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan tol Cikampek-Palimanan yang baru dioperasikan saat mudik lebaran tahun ini.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, kehadiran tol sepanjang 116,75 kilometer (km) itu akan mengubah konsentrasi titik kemacetan saat musim mudik tahun ini.

"Dengan berfungsinya tol Cikapali, kalau dulu macet pas mobil keluar dari Cikampek, sekarang praktis kemacetan pindah ke Brebes," kata  Bambang di Terminal BBM Plumpang, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Untuk memenuhi kebutuhan BBM kendaraan yang melintas ruas tol tersebut, Menurut Bambang, Pertamina akan meresmikan dua SPBU dalam pekan ini.

"Sabtu bisa menambah dua SPBU di tol Cikapali, kemudian sebelum arus balik dua SPBU lagi kita resmikan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi terganggunya pasokkan BBM ke SPBU karena kemacetan saat musim mudik dan arus balik Pertamina telah mempersiapkan mobil tangki terisi BBM yang diletakkan dekat SPBU.

"Sehingga ketika stok berkurang, SPBU bisa diisi dan tetap beroperasi," pungkasnya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Tol Cikampek-Palimanan pada 15 Juni 2015. Dengan panjang 116,75 km, Tol Cikapali bakal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Kehadiran jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) serta akan menghemat waktu perjalanan Anda saat mudik lebaran.

Sebab, jalan tol yang dibangun PT Lintas Marga Sedaya ini akan memangkas jarak Cikampek-Palimananhingga 40 kilometer ketimbang Anda lewat jalur Pantura.  Tol ini juga menjadi penghubung Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Pejagan yang selama ini sudah beroperasi. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini