Sukses

Raja Media Rupert Murdoch Mundur dari 21st Century Fox

Pria berusia 84 tahun itu akan memberikan kerajaan bisnisnya kepada anaknya, James.

Liputan6.com, New York - Konglomerat media, Rupert Murdoch, bakal mundur sebagai bos atau chief executive officer (CEO) 21st Century Fox. Pria berusia 84 tahun itu akan memberikan kerajaan bisnisnya kepada anaknya, James.

Menurut dua orang sumber CNN.com, Jumat (12/6/2015), Murdoch bakal menjadi komisaris utama di 21st Century Fox. Sementara anak laki-lakinya yang lain, Lachlan, menjadi wakil komisaris.

James Murdoch sebelumnya sudah mundur sebagai bos BskyB setelah terseret kasus skandal penyadapan di Inggris. James kemudian menjadi chief operating officer (COO) di 21st Century Fox.

Murdoch telah membagi perusahaanya menjadi News Corp dan 21st Century Fox. Perusahaan yang pertama fokus pada bisnis media cetak, seperti New York Post dan HaperCollins. Sementara, 21st Century Fox berkembang menjadi perusahaan film dan broadcasting, seperti Fox News Channel dan Fox Movie.

Murdoch memang bukan orang lama dalam dunia media. Kariernya sudah berlangsung sejak 1950an ketika ia mengambil alih koran harian di negara asalnya, Australia.

Sampai akhirnya perusahaan itu mengakuisisi koran lainnya di Australia dan Inggris. Pada 1980an, News Corp menguasai The Times, Sunday Times, dan HarperCollins.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini