Sukses

Kisah Jessica Alba, Selebriti yang Jadi Pengusaha Sukses

Banyak orang menyangka kekayaan Jessica Alba hanya berasal dari kariernya berakting di Hollywood.

Liputan6.com, New York - Artis cantik Jessica Alba baru-baru ini menjadi sampul majalah Forbes. Ini merupakan pengakuan untuk Alba sebagai pengusaha sukses. Banyak orang menyangka kekayaannya hanya berasal dari kariernya berakting di Hollywood.

"Masyarakat melihat saya sebagai gadis memakai bikini dalam film," katanya seperti dikutip dari Forbes.com, Minggu (14/6/2015). "Butuh tiga setengah tahun bagi saya membangun bisnis ini."

Alba membangun bisnis produk rumah tangga yang tidak beracun bernama The Honest Company. Pendapatan awal perusahaan ini hanya US$ 10 juta pada 2012 dan dalam dua tahun menjadi US$ 150 juta.

Ide bisnisnya berawal dari ruam-ruam yang muncul pada tangannya setelah menggunakan detergen bayi saat Alba hamil tujuh tahun lalu. Ia lalu mulai membaca label-label produk pembersih yang berada di rumahnya.

"Saya baru sadar setelah membacanya, produk detergen yang saya pakai tidak sama lagi dengan yang dulu," ujar Alba. Ia sempat merasa frustasi karena sebanyak 80 ribu zat kimia yang berada dalam rumah tangga tidak sesuai dengan standar pemerintah.

"Bayangkan semua produk itu masuk ke rumah dengan anak kecil di dalamnya," ujar Alba. Ia semakin ingin melakukan perubahan mengingat ibu dan neneknya meninggal karena kanker.

Awalnya, produk The Honest Company ia jual melalui situs beta yang bisa crashed setiap menitnya. Dalam lima minggu pertama, perusahaan sempat membagikan popok dan tisu bayi secara gratis. "Itu sudah cukup membuat Anda bangkrut," ujarnya tertawa.

Dengan uang hasil kariernya sejak usia dini, Alba memberanikan diri membuat The Honest Company. Sekarang perusahaan itu bernilai US$ 1 miliar dan produknya banyak terjual di supermarket di Amerika Serikat.

"Angka itu sepertinya kecil dengan besarnya kesempatan yang bisa dilakukan dengan produk kami. Ini gila dan mengagumkan," katanya.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)

 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini