Sukses

Tol Cikopo-Palimanan Gratis Selama Seminggu

Tahap sosialisasi jalan tol Cikopo-Palimanan juga momen belajar bagi PT Lintas Marga Sedaya.

Liputan6.com, Purwakarta - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) telah memenuhi permintaan pemerintah untuk mengoperasikan [jalan tol Cikopo-Palimanan](2251248/ "") (Cipali) yang memiliki panjang 116,75 kilometer (KM).

Peresmian operasi tol tersebut dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di gerbang pintu tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat pada hari ini‎. Wakil Direktur Utama PT LMS Hudaya Arryanto mengungkapkan, tol Cipali tersebut baru bisa dibuka nanti dini hari pukul 00.00 WIB setelah diresmikan Jokowi.

"Jadi kita ada tahap sosialisasi selama tujuh hari, dan akan kita buka mulai nanti pukul 00.00 WIB setelah bereskan lokasi acara ini," kata Hudaya di Cikopo, Purwakarta, Sabtu (13/6/2015).

Hudaya mengungkapkan,‎ selama sosialisasi tersebut perusahaan menggratiskan bagi para pengendara untuk menjajal kelayakan jalan tol tersebut. Sayangnya dalam tahap sosialisasi hanya khusus untuk kendaraan golongan I yang hanya boleh melintas.

Sementara di kesempatan yang sama Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Ahmad Gani Ghazali menegaskan, tahap sosialisasi tersebut juga sebagai momen belajar bagi manajemen perusahaan.

"Ini perusahaan baru, mereka juga masih terus belajar, jadi makanya kita buka untuk golongan I saja. Takutnya kalau ada truk-truk besar, nanti petugas tolnya panik," kata dia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun telah menetapkan tarif jalan tol Cikopo-Palimanan untuk golongan I sebesar Rp 96 ribu.  Tarif yang telah ditetapkan ini lebih mahal dari tarif awal yang ada di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebesar Rp 750 per KM atau sekitar Rp 87 ribu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menuturkan, tarif tol itu lebih tinggi dari apa yang tertuang dalam kontrak awal karena banyak pertimbangan dalam konstruksinya. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini