Sukses

HoneyWell dan Inmarsat Siapkan Layanan Wi-Fi di Pesawat

Tes penerbangan ini merupakan langkah yang menggairahkan untuk peluncuran GX Aviation dan memberikan pengalaman broadband yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Paris - Sebagai upaya membuka era baru konektivitas nirkabel (wireless) dalam penerbangan, persis seperti yang tersedia di rumah atau kantor, Honeywell Aerospace dan Inmarsat telah sukses menyelesaikan tahap pertama uji penerbangan jaringan satelit dan perangkat keras (hardware) untuk layanan broadband GX Aviation.

Perangkat JetWave yang diluncurkan Honeywell memungkinkan pesawat terhubung dengan konstelasi satelit Xpress Global dari Inmarsat untuk GX Aviation, layanan Wi-Fi dalam penerbangan global.

Rangkaian tes tersebut, yang melibatkan video streaming YouTube, siaran radio langsung, hingga panggilan konferensi online, dilakukan di Inggris pada Juni 2015. Tes tersebut dilakukan guna memvalidasi kemampuan GX Aviation dalam memberikan konektivitas Wi-Fi berkecepatan tinggi saat terbang di atas daratan atau perairan.

Rangkaian tes tersebut menunjukkan suksesnya koneksi antara perangkat JetWave dengan satelit Global Xpress pertama Inmarsat, I-5 F1 yang memperkuat layanan GX Aviation untuk kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Asia. Langkah ini menyusul uji performa dan kecepatan tinggi berbasis daratan yang rampung pada Maret 2015.

"Kita berada di puncak era baru konektivitas di langit dan kesuksesan uji jaringan GX Aviation dengan perangkat JetWave Honeywell merupakan langkah penting dalam menyiapkan layanan ini agar bisa digunakan masyarakat luas," terang Vice President of Safety and Connectivity Honeywell Aerospace, Jack Jacobs.

Jacobs menerangkan, saat ini maskapai, penumpang, dan pilot terus menunjukkan permintaan untuk Wi-Fi penerbangan berkecepatan tinggi yang lebih baik dan lebih konsisten untk mempermudah pekerjaan dan memberikan pengalaman terbang lebih baik. Hasil yang positif dari rangkaian tes tersebut menandakan bahwa Honeywell dan Inmarsat dapat segera memenuhi permintaan tersebut.

"Tes penerbangan ini merupakan langkah yang menggairahkan untuk peluncuran GX Aviation dan memberikan pengalaman broadband yang sesungguhnya pada pasar. Dengan GX Aviation, maskapai penerbangan dan penumpang akhirnya dapat memperoleh layanan konektivitas yang setara dengan apa yang diperolehnya saat berada di darat," tutur Presiden Inmarsat Aviation Leo Mondale.

Menurutnya, memiliki Wi-Fi dalam penerbangan memang bukan hal yang unik, tapi di masa depan kualitas layanan tersebut yang akan diperhitungkan. Dengan GX Aviation dan perlengkapan JetWave Honeywell, Inmarsat dapat memberikan pengalaman layanan Wi-Fi yang konsisten bagi para penumpang pada setiap rute penerbangan maskapai.

"Setiap orang membahas tentang pesawat yang memiliki konektivitas baik. Tapi hingga sekarang itu belum terwujud karena tak ada yang memiliki akses pada layanan internet cepat sesungguhnya. GX Aviation mengubah segalanya dan kami akan menentukan standar untuk broadband di langit," tandas Mondale. (Sis/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.