Sukses

5 Maskapai Terbaik di Dunia versi Skytrax

Peringkat yang dirilis Skytrax diurutkan berdasarkan tanggapan dari 18,9 juta penumpang pesawat dari 105 negara berbeda.

Liputan6.com, Paris - Skyatrax, perusahaan konsultan penerbangan internasional yang melakukan kajian pada bandar udara dan maskapai di seluruh dunia kembali meluncurkan laporan peringkat terbaru maskapai terbaik di dunia. Qatar Airways kembali dinobatkan sebagai Best Airlines in the World untuk 2015 oleh Skytrax.

"Saya merasa terhormat memimpin perusahaan yang mampu berjalan di jalur yang luar biasa dan penuh inovasi serta mampu menunjukkan kerja tim yang hebat untuk memberikan pengalaman mengagumkan pada setiap penumpang," tutur CEO Qatar Airways Akbar Al Baker seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (19/6/2015).

Dia mengatakan, penghargaan itu membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi dari para karyawan di perusahaannya.

Sekadar informasi, peringkat yang dirilis Skytrax diurutkan berdasarkan tanggapan dari 18,9 juta penumpang pesawat dari 105 negara berbeda. Survei tersebut dilakukan untuk menilai lebih dari 245 maskapai.

Skytrax menyusun peringkat tersebut berdasarkan 41 parameter berbeda mulai dari prosedur masuknya penumpang ke pasawat hingga kenyamanan tempat duduk dan kualitas layanan maskapai pada penumpang.

Hasilnya, berikut lima maskapai terbaik dunia versi Skytrax:

1. Qatar Airways

Peringkat tahun lalu: 2

Keunggulan:

Tahun ini, untuk ketiga kalinya Qatar berhasil membawa pulang predikat maskapai terbaik di dunia setelah memenangkannya pada 2011 dan 2012. Maskapai yang berbasis di Doha itu menerima penghargaan dari para penumpang lantaran kenyamanan tempat duduk dan hiburan selama penerbangan.

Qatar Airways gaet penghargaan Best Economy Long-Haul Experience dari SKIFT.

 

Faktanya, Qatar Airways juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori `Best Business Class Seats`. Para tamu kelas ekonomi juga dapat menikmati fitur-fitur lain seperti konektivitas smartphone dan tablet pada layar pribadi.

Qatar terhubung ke 125 destinasi di seluruh dunia dan memperluas layanannya dari Qater ke 50 tujuan baru termasuk penerbangan langsung ke Los Angeles, Miami dan Dallas.

2. Singapore Airlines

Peringkat tahun lalu: 3

Keunggulan:

Layanan penerbangan Singapore Airlines membuat para penumpang merasakan penerbangan yang menyenangkan. Para pramugari juga dilatih untuk memperlakukan dan menghormati penumpang dengan cara yang hebat.

Foto: Singaporeair.com

TV dengan berbagai pilihan hiburan dan handuk hangat diberikan pada penumpang sebelum pesawat terbang dari landasan. Semua fasilitas sama seperti yang diperoleh penumpang ekonomi.

Selama tiga tahun, Singapore Airlines berhasil merebut peringkat pertama sebagai maskapai terbaik versi Skytrax.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Cathay Pacific Airways

Peringkat tahun lalu: 1

Keunggulan:

Meskipun maskapai yang berbasis di Hong Kong ini tak lagi berada di urutan pertama, tapi Cathay Pacific Airways masih berhasil meraih penghargaan sebagai Best Transpacific Airlines.

Dengan pesawat Boeing 777-300ER dan strategi bisnis yang berpusat pada frekuensi penerbangan tinggi, Cathay mampu memberikan pengalaman terbang paling luar biasa di Asia.

Para penumpang mengatakan, keunggulan maskapai terletak pada kenyamanan tempat duduk, kualitas layanan dan hiburan selama penerbangan.

4. Turkish Airlines

Peringkat tahun lalu: 5

Keunggulan:

Turkish Airlines merupakan maskapai asal Turki dengan pusat destinasi wisata terpopuler, Istanbul. Maskapai itu juga memecahkan banyak rekor dengan ketersediaan rute dan terbang ke lebih dari 100 negara dengan lebih dari 200 kota di seluruh dunia.

Turkish Airlines akan menjadi sponsor terbesar ke-4 di Liga Inggris (foto: madote.com)

Maskapai ini tumbuh dengan cepat dan merupakan anggota Star Alliance. Turkish Airlines pernah memenangkan kategori Best Airline in Europe selama lima tahun berturut-turut.

5. Emirates

Peringkat tahun lalu: 4

Keunggulan:

Selama 10 tahun terakhir, Emirates terus berkembang menjadi salah satu maskapai terbaik di dunia. Maskapai tersebut beroperasi secara eksklusif di Dubai Internasional Airport.

Penerbangan Emirates dilengkai sistem hiburan terbaik termasuk pilihan video dan musik sesuai permintaan dan terdapat juga siaran langsung televisi di layar di depan tempat duduk penumpang. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.