Sukses

7 Kota Terkaya di Masa Depan, Termasuk Jakarta?

Bicara soal kota terkaya di dunia, banyak orang akan langsung terbayang kota-kota di Amerika Serikat, London atau Hong Kong.

Liputan6.com, New York - Bicara soal kota terkaya di dunia, banyak orang akan langsung terbayang kota-kota di Amerika Serikat, Singapura atau Hong Kong. Lupakan New York atau London, mengingat banyak kota yang diprediksi akan merajai keuangan dunia ini ternyata tidak berasal dari Amerika Serikat, negara dengan perekonomian tertinggi.

Para peneliti dari McKinsey mencoba mengurutkan peringkat kota terkaya di dunia pada 2025 berdasarkan perkiraan pendapatan per kapita setiap kota. Dalam penentuannya, para peneliti juga menilai infrastruktur dan berbagai faktor pendukung.

Sayangnya, Jakarta tidak termasuk sebagai salah satu kota terkaya di dunia yang diprediksi McKinsey tersebut. Berikut tujuh kota terkaya di dunia pada 2025 versi McKinsey seperti dilansir dari laman CNN Money, Jumat (19/6/2015):

1. Doha, Qatar

Doha, Qatar diprediksi akan menjadi salah satu bitang paling bersinar di dunia tarkait pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita. Qatar kini telah menjadi salah satu kota terkaya di dunia, dan investasi dalam jumlah besar menjelang Piala Dunia 2022 akan menjadi tambahan ekstra bagi pertumbuhan ekonomi Qatar.

2. Bergen, Norwegia

Bergen merupakan kota dengan populasi penduduk kedua terbanyak di Norwegia. Bergen kini telah memimpin perekonomian Norwegia.

Tapi para peneliti di McKinsey memprediksi Bergen akan melesat menjadi salah satu kota terkaya di dunia. Bergen kini menjadi pusat industri energi Norwegia, perkapalan dan riset di bidang kelautan.

3. Trondheim, Norwegia

Kota lain dari Norwegia juga masuk ke dalam daftar ini. Trondheim merupakan kota kelahiran teknologi mobile di dunia. Di kota inilah untuk pertama kalinya standar GSM ditemukan pada 1980-an.

Sejak saat itu, teknologi lokal berkembang pesat dan berhasil menelurkan 550 perusahaan baru dengan lebih dari 10 ribu pegawai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Hwaseong, Korea Selatan

Meskipun tak dikenal luas, Hwaseong merupakan kota besar di Korea Selatan. Kota ini merupakan rumah berbagai fasilitas penelitian dunia dari Hyundai dan Samsung serta tempat di mana pabrik-pabrik Kia dan LG Electronics berdiri.

Kota ini berinvestasi secara hebat di sektor properti di distrik Dongtan yang super modern.

5. Asan, Korea Selatan

Seperti tetangganya, Hwaseong, Asan merupakan rumah bagi berbagai kompleks industri besar di dunia. Asan juga mendapatkan keuntungan karena lokasinya yang berada dekat dengan Pelabuhan Pyeongtaek, pelabuhan terdekat dengan China Timur dan pusat perkapalan global.

6. Rhine-Ruhr, Jerman

Rhine-Ruhr kini telah menjadi salah satu kawasan urban paling sukses di Jerman. Rhine-Ruhr merupakan kota terbesar ketiga di Eropa setelah Paris dan London.

Banyak pendorong industri dan keuangan Jerman berlokasi di kawasan tersebut termasuk 12 perusahaan yang masuk ke jajaran Fortune 500.

7. Makao, China

Makao merupakan salah satu contoh kota yang berubah maju dengan sangat cepat. Sayangnya, meski didapuk dapat menjadi salah satau kota terkaya di dunia pada 2025, Makao mengalami gangguan resesi akhir tahun lalu.

Namun pertumbuhan ekonomi Makao akan kembali positif tahun depan.

 (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini