Sukses

Wall Street Tergelincir Jelang Pertemuan Puncak Yunani

Untuk sepekan ini, indeks Dow naik 0,6 persen, S & P naik 0,7 persen dan Nasdaq ditutup pada rekor tinggi pada Kamis, naik 1,3 persen.

Liputan6.com, New York - Pasar saham Amerika Serikat (AS) tergelincir di akhir pekan ini, menjelang pertemuan puncak para pemimpin Zona Euro yang akan membahas negosiasi utang Yunani pada pekan depan. Pertemuan ini akan menjadi penentu keputusan apakah Yunani, akan mencetak mata uang sendiri.

Melansir laman Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 101,56 poin (0,56 persen) ke posisi 18.014,28 poin. Indeks S & P 500 kehilangan 11,48 poin (0,54 persen) menjadi 2.109,76 poin. Sementara indeks Nasdaq Composite turun 15,95 poin (0,31 persen) ke level 5.117 poin.

Namun untuk sepekan ini, indeks Dow naik 0,6 persen, S & P naik 0,7 persen dan Nasdaq ditutup pada rekor tinggi pada Kamis, naik 1,3 persen.

Pasar saham AS dipengaruhi rencana para pemimpin Zona Euro yang dijadwalkan bertemu pada hari Senin, sebagai upaya mencapai kesepakatan dengan Athena, Yunani.

"Ini semacam jalur kehidupan terakhir mereka akan membuang Yunani atau tidak dan orang-orang memutuskan melakukan aksi jual karena ketidakpastian ini," ujar Raja Lip, Kepala Investasi Baker Street Asset Management di San Francisco. 

Lip mengatakan, bagaimanapun, setiap aksi jual dengan mengikuti perkembangan dari hasil pertemuan pada Senin sebenarnya bisa menjadi kesempatan aksi beli bagi investor di Pasar Saham AS.

"Jika Yunani meninggalkan Zona Euro, dan menghilangkan ketidakpastian ini sebenarnya baik untuk pasar dalam jangka panjang, jika ada resolusi, ya juga baik," kata Lip.

Sekitar 7,9 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, di atas rata-rata harian 6,03 miliar di bulan ini, menurut BATS Global Markets.(Nrm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini