Sukses

55 Ribu Peserta Mudik Gratis Diberangkatkan Mulai 11 Juli 2015

Selain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan mudik gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti di tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menyediakan program mudik gratis demi  mengurangi kepadatan jalan raya dan meminimalisir angka kecelakaan saat mudik Lebaran. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan, kini sudah ada 55 ribu peserta mudik gratis yang terdaftar.

"14 BUMN bersama-sama, terutama perbankan menyediakan mudik gratis, yang sekarang sudah terdaftar ada 55 ribu penumpang yang akam mulai diberangkatkan pada 11 Juli 2015," terang Rini saat menggelar acara buka puasa bersama di rumah dinasnya di Jakarta, seperti ditulis Minggu (21/6/2015).

Selain program mudik gratis, Rini juga melakukan berbagai program pengamanan arus mudik lain. Salah satunya adalah penambahan gerbong kereta sekitar 15 persen yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia untuk lebaran tahun ini. "Sehingga masyarakat yang kemarin pesan tiket sudah habis, sekarang sudah bisa pesan lagi," ujarnya.

Untuk persiapan mudik, Rini menerangkan pihaknya juga menambah kapasitas penumpang pesawat di mana Garuda Indonesia menambah sebesar 15 persen dan 18 persen untuk Citilink. Tak hanya itu, Pelni juga akan beroperasi penuh serta menggelar kerjasama dengan Damri.

"Kalau kapal sudah dok, penumpang yang turun bisa langsung naik bus menuju ke kampung atau daerahnya masing-masing. Pelni sudah siapkan bus juga untuk daerah tujuan lain yang tidak dilayani Damri," tuturnya.

Selain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan mudik gratis. Sampai saat ini, mencatat 1.461 pendaftar dari kuota 2.900 pemudik sepeda motor sudah mendaftar Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan, JA Barata mengatakan, tahun ini ada 25 ribu sepeda motor yang akan diangkut secara gratis. Sepeda motor pemudik akan diangkut dengan kereta api, truk atau kapal laut. "Kami akan terus buka sampai kuota habis atau batas waktunya pada 8 juli nanti," jelas dia kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis ini, dapat mendaftarkan diri baik melalui online www.mudikgratis.dephub.go.id atau datang langsung ke Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta.

Pendaftaran melalui online telah dibuka mulai 1 sampai dengan 30 Juni 2015, sedangkan untuk pendaftaran langsung (offline) dibuka mulai 15 Juni hingga 8 Juli 2015.

“Sudah banyak peserta yang mendaftarkan diri melalui online. Pendaftaran ini  sebetulnya sebagai tahap booking seat, pesertanya sendiri tetap harus mendaftarkan diri lagi secara langsung dengan membawa persyaratan yang diminta," kata Barata.‎

Program Mudik Gratis ini bertujuan mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor sekaligus mengurangi risiko kecelakaan di jalan. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini