Sukses

Induk Rumah.com Dapatkan Investasi S$ 175 Juta

Grup PropertyGuru mendapat investasi S$ 175 juta dari konsorsium strategis tiga investor.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Grup PropertyGuru, grup portal online terkemuka di Asia menyambut baik investasi sebesar 175 juta dolar Singapura dari konsorsium strategis tiga investor. Kepercayaan dari tiga investor ini diharapkan dapat mendorong PropertyGuru menjadi lebih baik ke depan.

CEO dan pendiri bersama dari PropertyGuru, Steve Melhuish mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas hasil negosiasi dan kepercayaan yang diberikan konsorsium strategis tiga investor.

Konsorsium tersebut adalah firma investasi TPG (TPG), grup media terbesar Indonesia Emtek grup (Emtek), dan firma modal venture teknologi terkemuka Asia Pasifik SquarePeg Capital (SquarePeg). Dengan kesepakatan ini pihaknya senang dapat bekerja sama dengan investor baru.

"Proses kesepakatan lima bulan ini membuat hasil luar biasa. Sangat senang dengan tiga investor baru. Ini fantastis dapat bekerja dengan investor baru yang luar biasa," ujar Steve, Senin (22/6/2015).

Steve mengharapkan, kesepakatan ini dapat mendorong PropertyGuru menjadi lebih maju ke depan. Ia mengapresiasi kepercayaan yang diberikan konsorsium tiga investor di bisnis yang digeluti PropertyGuru. Selain itu, pihaknya mengapresiasi kepada sejumlah pihak yang membantu proses kesepakatan ini.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu negosiasi. Kami sangat senang dengan kerja keras untuk menyelesaikan negosiasi ini, dan sangat senang dengan hasilnya," tutur Steve.

Dengan ada transaksi ini maka perwakilan dari konsorsium akan bergabung dengan manajemen PropertyGuru. Sebagai portal terkemuka properti di Asia Tenggara, PropertyGuru telah membangun kepemimpinan pasar di Singapura, Thailand dan Indonesia.

(Foto: Liputan6.com)

Portal ini mengumpulkan secara bulanan lebih dari 11 juta kunjungan pelanggan, 104 juta lawatan situs, dan 28 persen pertumbuhan lalu lintas per tahun, dengan 52 persen dari lalu lintas itu berasal dari aplikasi bergerak (mobile).

Nilai transaksi real estat yang diperdagangkan melalui platform PropertyGuru diestimasikan 14 miliar dolar Singapura per tahun. Angka ini mendekati 10 persen dari semua transaksi properti di area tersebut.

Steve pernah mengatakan, PropertyGuru telah membangun catatan kinerja dengan berdasarkan kepada visi inovasi konsumen-sentris yang memampukan orang untuk membuat keputusan-keputusan properti yang lebih baik. Investasi digunakan untuk dapat memperoleh potensi pasar properti Asia Tenggara dan pengembangan di dunia digital untuk memperluas agenda regional.

Investasi terbaru ini akan menyertakan para ahli manajemen Asia yang sangat berakar keahliannya di perusahaan, di mana ketiga pihak memiliki catatan kinerja yang kuat di bidang onlien dan atau sektor teknologi.

Sebelumnya Ganen Sarvananthan, Rekan dan Direktur Pengelola TPG, mengatakan, PropertyGuru merupakan platform real estat terkemuka di area ini, dengan prospek pertumbuhan yang menarik. Ini merupakan representasi tambahan penting atas portofolio TPG di Asia, dan juga memperkuat jangkauan investasi global internet perusahaan.

"Kami menyambut ke depan untuk meminjamkan keahlian industri kami untuk memperkuat pertumbuhan, dengan bekerjasama dengan tim PropertyGuru, Emtek Grup dan SquarePeg. Bersama, kami percaya kita dapat mempertegas lebih lanjut merek dagang PropertyGuru yang telah kuat , sebagaimana yang telah kami lakukan dengan perusahaan-perusahaan yang senada dalam portofolio kami di berbagai penjuru dunia,”  ujar dia.

TPG telah memiliki perusahaan-perusahaan internet dan real estat yang komplementer dalam portofolionya, antara lain, termasuk Uber, Airbnb, Lynda.com, SurveyMonkey, RentPath dan 8990 (Filipina).

Paul Bassat, Rekan dan Pendiri bersama dari SquarePeg, mengatakan, SquarePeg melihat potensi besar untuk PropertyGuru untuk meneruskan inovasi dan ekspansi atas posisi kepemimpinannya di berbagai wilayah. "Investasi ini merupakan perwujudan filosofi Square Peg dalam membangun dan berinvestasi pada usaha-usaha, yang memiliki kapasitas untuk berkembang berkali-kali lipat dari posisi kekuatan yang dimiliki,” jelas dia.

Sementara Emtek Grup dikatakan, telah menjadi partner PropertyGuru di Indonesia dan sekarang akan terus memperkuat hubungannnya dengan investasi terbaru ini. Portal ini merupakan induk usaha dari Rumah.com, di mana PT Kreatif Media Karya (KMK) yang merupakan unit bisnis Emtek menjalin perjanjian investasi joint venture.

Wakil Direktur Utama Emtek, Sutanto Hartono menyatakan, ini konsisten dengan fokus Emtek untuk berinvestasi pada teknologi-teknologi yang dapat membangun usaha-usaha dan masyarakat secara luas dan di mana keahlian medianya dapat dimaksimalkan.

Dia melanjutkan, investasi di PropertyGuru memberikan kesempatan utama agar perusahaan dapat memperdalam keterlibatan dalam bisnis iklan online. Investasi ditujukan untuk membantu rencana Property Guru untuk berinovasi selangkah lebih maju dibanding kebutuhan pasar dan mengembangkan kepemimpinannya di sektor properti. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.