Sukses

Ingin Jadi Miliarder? Baca Dulu 5 Buku Ini

Apabila Anda ingin menjadi miliarder, membaca buku favorit para orang hebat ini mungkin dapat dijadikan sebagai langkah awal.

Liputan6.com, New York- Salah satu rahasia di balik kesuksesan banyak orang hebat di dunia adalah kebiasaan mereka untuk selalu membaca. Setiap buku atau tulisan yang dibaca biasanya mampu memberikan pengaruh bagi pribadi atau tingkah laku seseorang.

Banyak dari orang hebat telah memiliki buku favoritnya masing-masing yang secara tidak langsung mampu mengubah pola pikir dan perilaku mereka selama ini.

Apabila Anda ingin mengikuti langkah mereka, membaca buku favorit para orang hebat ini mungkin dapat dijadikan sebagai langkah awal.

Berikut ini beberapa buku yang dapat Anda jadikan referensi dikutip dari BusinessInsider, Rabu (24/6/2015):

1. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Nama Benjamin Graham sudah pasti tidak asing terutama di telinga kalangan Wall Street. Ahli investasi ini menelurkan sebuah buku berjudul The Intelligent Investor yang menuai berbagai respon positif termasuk dari miliarder Warren Buffet. Buffet juga menjadikan buku Graham sebagai pondasi dari filosofi investasinya sejak ia pertama kali membaca buku ini di umur 19 tahun.

"Agar dapat sukses berinvestasi sepanjang hidup, tidak diperlukan IQ yang tinggi maupun wawasan bisnis yang luar biasa. Hal yang diperlukan justru kerangka berpikir yang baik dan kemampuan untuk dapat menahan emosi agar tidak merusak kerangka yang telah dibangun. Buku ini sangat jelas menggambarkan kerangka seperti apa yang layaknya harus kita buat. Anda harus dapat disiplin secara emosional" tutur Buffet.

2. Making the Modern World oleh Vaclav Smil

‘Making the Modern World’ oleh Vaclav Smil

Buku karya seorang profesor ilmu lingkungan ini berfokus pada akibat dari konsumsi material yang berlebihan yang dapat berakiibat pada kurangnya materi di masa depan.

Bill Gates, salah seorang orang terkaya di dunia menjadikan Smil penulis favoritnya dan mengatakan bahwa buku karya Smil tersebut telah memberikan gambaran baru akan material yang dapat menjadikan hidup modern lebih baik.

"Hal tersebut mungkin tampak biasa, tapi masalah material - seberapa banyak kita menggunakan dan berapa banyak yang kita butuhkan - adalah kunci untuk membantu orang termiskin di dunia meningkatkan kehidupan mereka, " tutur Gates.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. The Innovator Dilemma oleh Clayton Christensen

The Innovator’s Dilemma oleh Clayton Christensen

 

Buku bersampul biru ini ternyata mampu menginspirasi Pendiri Apple sekaligus miliarder dunia, Steve Jobs. Christensen berpendapat bahwa perusahaan sering gagal ketika mereka berhenti berinovasi dalam hal teknologi, sementara kebutuhan dari pelanggan akan terus berkembang.

Itulah yang menjadikan Apple tidak ragu untuk memperkenalkan iPhone ketika itu walaupun gadget tersebut memiliki banyak fitur yang sama dengan iPod.

"sangat penting untuk kita dalam membuat transformasi ini, seperti yang pernah ditulis oleh Clayton Christensen dalam buku The Innovators Dilemma, orang-orang yang menciptakan sesuatu biasanya adalah orang yang terakhir dalam melihat masa lalu, dan kita tentu saja tidak ingin tertinggal dalam hal itu" ungkap Steve Jobs ketika ia menjelaskan fitur Cloud Computing dari Apple.

 

4. The Aeneid oleh Virgil

The Aeneid oleh Virgil

Miliarder pencipta Facebook, Mark Zuckeberg ternyata menjadikan buku kumpulan puisi latin ini menjadi buku favoritnya.

Buku tersebut bercerita tentang prajurit Trojan bernama Aeneis dan perjalanannya untuk menemukan kekaisaran Romawi. Perjuangan karakter untuk mengejar mimpinya tersebut sangat relevan dan patut ditiru bagi para calon pengusaha masa sekarang ini.

5. To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee

To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee

Kisah klasik karya Harper Lee tahun 1960 ini banyak mengajarkan siswa di Amerika mengenai arti prasangka dan keadilan. Miliarder Oprah Winfrey mengatakan bahwa buku ini mampu menginspirasinya untuk dapat membuat klub buku ketika dewasa

"Saya ingat betul ketika setelah selesai membaca buku ini saya langsung menyuruh teman-teman saya untuk membaca buku yang sama. Mungkin itulah mengapa hari ini saya mendirikan klub baca, karenna memang saya sudah menginisiasikannya sejak saya membaca buku ini" kata Oprah. (Vna/NDw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Buku

Video Terkini