Sukses

Harga Emas Kian Tersungkur?

Harga emas melemah ke kisaran US$ 1.182 per ounce seiring dengan penguatan indeks saham global.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas melemah pada perdagangan kemarin ke kisaran US$ 1.182 per ounce seiring dengan penguatan indeks saham global. Ada kemungkinan peralihan portofolio dari emas ke saham yang terdorong oleh optimisme pasar terkait akan tercapainya kesepakatan bailout Yunani.

Head Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra menyebutkan harga kini bergerak di kisaran US$ 1.185 per ounce. Harga masih akan melemah selama bergerak di bawah kisaran resisten US$ 1.191 per ounce.

"Harga berpotensi menyentuh kembali level rendah kemarin US$ 1.182 per ounce dan kemungkinan penerusan pelemahan ke kisaran US$ 1.175 per ounce," kata Ariston dalam ulasannya, Selasa (23/6/2015).

Sementara pergerakan ke atas resisten US$ 1.191 berpotensi mendorong harga menguat ke area resisten berikutnya di kisaran US$ 1.197 per ounce.

"Market mover hari ini masih seputar komentar-komentar negosiasi bailout Yunani dan juga data pesanan barang tahan lama Amerika Serikat bulan Mei," tuturnya.

Kesepakatan Yunani dan Uni Eropa yang sangat dekat untuk merestrukturisasi utang mempengaruhi gerak harga emas. Para pejabat Yunani dan Uni Eropa bertemu untuk menyelesaikan kesepakatan restukturisasi utang pada Senin pekan ini. Kedua belah pihak optimistis dapat mencapai kesepakatan pada pekan ini.

Namun, ada beberapa laporan yang mengatakan kalau pejabat Uni Eropa tidak percaya kesepakatan Yunani yang sudah dekat. Sementara itu, bank sentral Eropa harus meningkatkan mekanisme pinjaman darurat ke Yunani seiring kenaikan penarikan kas dari bank.

Selain sentimen Yunani, indeks dolar Amerika Serikat (AS) lebih tinggi juga telah menekan harga emas dan minyak lebih rendah. (Ndw/Gdn)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini