Sukses

2 Kalimat Sakti yang Bisa Bikin Anda Diterima Kerja

Dua kalimat ini harus memuat tentang siapa diri Anda, apa minat Anda, dan prestasi apa saja yang pernah diraih di masa lalu.

Liputan6.com, New York - Bagi Anda yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan, akan selalu ada banyak pertanyaan yang datang dari orangtua, teman atau orang penting lain dalam hidup Anda. Salah satunya adalah pekerjaan apa yang diinginkan dan bagaimana mendapatkannya.

Melansir laman Bloomberg, Kamis (25/6/2015) biasanya pertanyaan ini dilayangkan guna mengetahui minat Anda. Sayangnya, pertanyaan seperti ini justru akan membuat Anda tertekan apalagi jika belum memiliki target pekerjaan.

Bahkan Anda juga merasa dipermalukan saat ada yang bertanya, apa rencana karir dalam 20 hingga 30 tahun ke depan.

Di usia Anda yang baru lulus, pertanyaan itu mungkin akan sangat sulit dijawab. Pasalnya, Anda belum mengetahui jenis-jenis pekerjaan atau arah karir mana yang mungkin menarik.

Tapi ingat, hampir setengah dari pegawai yang diterima merupakan hasil dari keterbukaan. Jadi Anda butuh para penanya seperti itu dan mengubah pertanyaan tersebut menjadi peluang yang menguntungkan.

Saat melamar kerja, pastikan Anda mampu memberikan kesimpulan yang baik tentang diri sendiri. Kesimpulan dalam dua kalimat ini harus memuat tentang siapa diri Anda, minat, dan prestasi apa saja yang pernah diraih di masa lalu.

Tujuan dari dua kalimat itu adalah memberi peluang bagi diri sendiri. Berikut contoh dua kalimat yang dapat mengubah kehidupan karir Anda dan memuat seluruh hal yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

1. Saya orang yang kompetitif

Saya ingin menemukan perusahaan yang mempekerjakan orang-orang paling cerdas dan budaya kerja yang ketat sehingga saya bisa menunjukkan yang terbaik.

2. Saya senang bekerja dalam tim

Saya mencari perusahaan yang terkenal dengan kekuatan kolaborasi saat menuntaskan pekerjaan dalam sebuah tim.

3. Saya tertarik dengan pekerjaan di (sebutkan sektor yang Anda minati), terlebih saya juga baru lulus dari jurusan (terkait dengan sektor yang diminati). Saya tengah mencari perusahaan yang tepat untuk menguji seberapa jauh kemampuan saya.

4. Saya selalu mencintai pekerjaan di (sebutkan bidangnya)

Saya mencari berbagai peluang yang tersedia di bidang tersebut.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini