Sukses

BKPM Sebut Iklim Investasi RI Lebih Menarik Ketimbang Vietnam

Investor tertarik masuk ke sektor energi terutama proyek listrik 35 ribu mega watt (MW).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan saat ini investasi di Indonesia masih lebih menarik jika dibandingkan dengan Vietnam dan Thailand.

Direktur Pemberdayaan Usaha BKPM Pratito Soeharyo mengatakan, hal ini dibuktikan dengan posisi Indonesia yang berada di peringkat 14 negara dalam daya tarik investasi, dan berada di atas kedua negara tersebut.

"Posisi kita sekarang bagus dibanding negara tetangga, Indonesia nomor 14 peringkatnya. Kita lebih menarik dari Vietnam dan Thailand," ujar Pratito di Menara Thamrin, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Selain itu menurut Pratito, sejauh ini iklim investasi di Indonesia juga tidak banyak terpengaruh oleh kondisi ekonomi dunia yang tengah menurun.

Bahkan, nilai investasi yang masuk ke Indonesia diprediksi terus meningkat dibanding tahun lalu. Terlebih pemerintah sedang giat membangun infrastruktur di berbagai wilayah.

"Kalau secara sektor, investor hampir rata masuknya ke semua bagian. Terutama energi, karena sedang membuka pasar terbuka khususnya untuk kebutuhan pasokan listrik 35 ribu mega watt (MW)," tandas Pratito.

Untuk diketahui, BKPM menargetkan pertumbuhan investasi sekitar Rp 519 triliun atau sekitar 15 persen dari realisasi 2014 sekitar Rp 463 triliun. Salah satu upaya mencapai target itu dengan merealisasikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Nasional. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BKPM merupakan kependekan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

    bkpm

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi