Sukses

Ditanya Impor Bawang, Mendag Rachmat Gobel Sewot

Pemerintah memastikan tak akan membuka keran impor cabai dan bawang saat puasa dan lebaran karena pasokan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Heboh masuknya bawang impor asal Thailand ke Indonesia tengah menjadi perhatian khusus masyarakat. Pasalnya, pemerintah memastikan tak akan membuka keran impor cabai dan bawang saat puasa dan lebaran karena pasokan aman.

Menanggapi keberadaan bawang merah impor ini di pasaran, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel agak kesal. Sebab dirinya menegaskan tidak menerbitkan izin impor bawang merah dari negara manapun.  

"Mancing-mancing mulu masalah impor. Kalau kita tahu importirnya, pasti akan kita tindak karena enggak ada izin impor selama ini. Yang ditanya tuh harusnya kapan produksi (bawang) meningkat, jangan tanya impor melulu atau enggak," cetus dia usai meresmikan Pasar Murah di Lapangan Parkir Kemendag, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Sekadar informasi, Rachmat sebelumnya mengatakan, jika ada bawang merah impor di pasar tradisional adalah hasil selundupan mengingat belum ada izin impor yang dikeluarkan pemerintah.

Bahkan dia mengaku belum mengetahui keberadaan bawang merah impor tersebut. Pemerintah dipastikan masih membahas kebutuhan pasar dan suplai atau produksi bawang merah di dalam negeri.

"Saya belum tahu kalau sudah (ada impor) pada masuk. Saya belum keluarkan izinnya. Masih kita bahas, berapa kebutuhan pasarnya dan berapa yang bisa kita suplai," ucap dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini