Sukses

Bursa Asia Merosot Dipicu Alotnya Kesepakatan Yunani

Bursa Asia melemah selama tiga hari berturut-turut dipicu negosiasi antara Yunani dan para kreditor yang tak kunjung hasilkan kesepakatan.

Liputan6.com, Singapura - Bursa Asia melemah selama tiga hari berturut-turut dipicu negosiasi antara Yunani dan para kreditor yang tak kunjung menghasilkan kesepakatan. Padahal pertemuan telah hampir mencapai akhir pekan dan belum ada pertanda signifikan akan adanya sebuah revolusi.

Melansir laman Bloomberg, Jumat (26/6/2015), indeks MSCI Asia Pasifik melemah 0,5 persen pada perdagangan pukul 9:24 waktu Tokyo. Angka tersebut mengikis penguatan satu persen pada sepekan sebelumnya.

Saat ini pertemuan di Brussels masih menjadi fokus bagi para investor mengingat jatuh tempo pembayaran hutang Yunani pada IMF hanya tinggal beberapa hari lagi. Menteri keuangan zona euro akan berkumpul kembali pada Sabtu akhir pekan ini setelah sejumlah negosiasi pada Kamis ditunda tanpa adanya kesepakatan bantuan pada negeri yang dililit utang tersebut.

"Negosiasi terhadap Yunani terus terdorong hingga akhir pekan. Jadi kami masih mengambil tindakan wait and see," kata Hitoshi Asaoka, pakar strategi senior di Tokyo at Mizuho Trust & Banking Co.

Dia menjelaskan, kini pasar tak terlalu cepat bereaksi terhadap situasi Yunani dari hari ke hari.

Pertemuan pada Sabtu mendatang akan menjadi tanda negosiasi yang kelima antara menteri keuangan Uni Eropa dam Yunani di tengan krisis utang pekan ini. Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan, masih ada prospek kesepakatan tercapai. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.