Sukses

Jangan Buat Kartu Kredit Karena 5 Alasan ini

Apakah alasan Anda termasuk dari 5 alasan di bawah ini? Kalau ya, mungkin Anda harus berpikir dua kali dalam pembuatan kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kartu kredit pada dasarnya adalah untuk mempermudah kita dalam melakukan transaksi keuangan. Kartu kecil ini memang memiliki segudang manfaat bagi pemiliknya.

Selain dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai pada saat terdesak, kartu ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbisnis apabila kita membutuhkan uang secepatnya untuk modal ataupun dapat membantu memperlancar perjalananan kita saat sedang berpergian ke luar negeri.

Berbagai manfaat yang ditawarkan kartu kredit menjadikan banyak masyarakat tertarik untuk memilikinya. Akan tetapi terkadang mereka tidak benar-benar memiliki alasan yang kuat untuk memiliki kartu kredit tersebut.

Berikut lima alasan salah yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk membuat kartu kredit, seperti yang dikutip dari buku 'Jangan Mau Diperbudak Kartu Kredit' karya perencana keuangan Eko Endarto.

Apakah alasan Anda termasuk dari 5 alasan di bawah ini? kalau ya, mungkin anda harus berpikir dua kali dalam pembuatan kartu kredit.

1. Untuk melunasi utang lain

Alasan ini tidak selamanya salah. Ya memang, salah satu cara untuk mengurangi utang adalah dengan membayarnya dari sumber lain.

Namun, meminjam dana dari kartu kredit untuk melunasi utang yang sedang dimiliki sebenarnya tidak akan menyelesaikan masalah. Anda justru akan terjebak ke dalam persoalan yang lebih pelik.

2. Untuk bertransaksi online

Alasan yang satu ini bisa dibilang sangat kuno. Apabila Anda ingin membuat kartu kredit hanya agar dapat bertransaksi online, berarti Anda memang belum terlalu perlu untuk memiliki kartu kredit ini.

Saat ini, kartu debit pun sudah banyak yang dapat digunakan untuk bertransaksi online, sehingga Anda sebenarnya dapat memanfaatkan kartu tabungan yang sudah Anda miliki sekarang

3. Karena banyak diskon sehingga bisa berhemat

Satu hal yang perlu diingat, diskon yang banyak kita lihat sebagai promo kartu kredit merupakan hasil kerja sama bank dengan pihak ketiga karena mereka tahu sebagian besar pengguna kartu tidak pernah membayar lunas tagihannya.

Oleh karena itu, apabila ini merupakan alasan Anda untuk membuat kartu kredit maka Anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk dapat membayar lunas tagihan Anda secepatnya.

4. Ada point reward


Sama seperti alasan sebelumnya, memang salah satu kelebihan kartu kredit adalah adanya perhitungan point reward yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya pembayaran administrasi ataupun potongan harga. Namun, poin tersebut dihitung berdasarkan pembelanjaan.

Semakin banyak Anda berbelanja, maka semakin banyak pula poin yang didapat. Bagi mereka yang bersedia membayar tagihan tepat waktu dan lunas sekaligus, hal ini tentu saja boleh dilakukan. Namun bagi mereka yang tidak bisa melakukannya, resiko yang besar harus siap-siap ditanggung.

5. Untuk darurat

Alasan ini sebenarnya cukup masuk akal, tentu saja apabila dilakukan dengan cara yang benar. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, agar mampu menggunakan kartu kredit sebagai darurat, Anda harus memiliki dana dan membayarnya lunas tepat waktu. Bagaimana dengan Anda. Sudah siapkah untuk hal itu? (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • alasan