Sukses

RI Punya Produsen Olahan Nanas Terbesar di Dunia

Great Giant Pineapple telah memproduksi nanas dalam kaleng, jus dan konsentrat nanas yang dipasarkan ke lebih dari 60 negara.

Liputan6.com, Lampung - Indonesia memiliki produsen nanas dalam kaleng yang menjadi pengekspor nomor tiga di dunia. Perusahaan tersebut yaitu Great Giant Pineapple yang berada di Lampung.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan, Great Giant Pineapple berpotensi menjadi pengekspor produk nanas dalam kaleng terbesar di dunia.

"Jika dihitung dalam volume produksi yang terintegrasi dengan lahan pertanian nanas milik sendiri, maka menjadi yang terbesar di dunia. Jadi memang sesuai nama perusahaan, hebat dan meraksasa," ujar Saleh dalam keterangan tertulis di Lampung, seperti ditulis Minggu (28/6/2015).  

Sementara itu, Direktur Sustainability Great Giant Pineapple Ruslan Krisno, menjelaskan perusahaan ini memiliki kapasitas produksi nanas dalam kaleng sebesar 200 ribu ton per tahun. Nilai investasi perseroan sebesar Rp 500 miliar serta menyerap tenaga kerja sebanyak 16 ribu orang.

"Nilai ekspor kami mencapai US$ 220 juta atau lebih dari Rp 2,6 triliun," kata dia.

Dari lahan seluas 33 ribu hektar (ha) yang dikelolanya, Great Giant Pineapple berhasil memproduksi nanas dalam kaleng, jus serta konsentrat nanas yang telah dipasarkan ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor di Eropa, Amerika, Timur Tengah, Afrika dan Asia Pasifik. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini