Sukses

Dua Perusahaan Grup Salim Beli Saham Asian Assets Management

Dua perusahaan grup Salim gelontorkan dana masing-masing US$ 39 juta beli saham Asian Assets Management.

Liputan6.com, Jakarta - Dua perusahaan grup Salim membeli saham Asian Asset Management Pte Ltd dengan total nilai US$ 78 juta atau sekitar Rp 1,04 triliun (asumsi kurs Rp 13.340 per dolar Amerika Serikat).

Masing-masing perusahaan grup Salim yang membeli saham Asian Assets Management ini antara lain PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan PT PP London Sumatra Tbk (LSIP) pada 24 Juni 2015. Kedua perseroan telah melakukan penyertaan saham masing-masing sebanyak 56,70 juta saham atau sekitar 50 persen dari total saham yang telah diterbitkan oleh Asian Assets Management Pte Ltd.

Dua perusahaan grup Salim itu juga masing-masing mengeluarkan dana sekitar US$ 39 juta untuk membiayai pembelian saham tersebut. Biaya pembelian saham Asian Assets Management berasal dari dana internal.

Adapun Asian Assets Management Pte Ltd merupakan perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Singapura. Asian Assets Management memiliki investasi ekuitas baik langsung maupun tidak langsung 100 persen saham PT Aston Inti Makmur.

PT Aston Inti Makmur ini bergerak di usaha properti dengan memiliki dan mengoperasikan suatu gedung perkantoran dengan nama gedung Ariobimo Sentral.

"Transaksi itu bukan merupakan transaksi material sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor IX.E.2 mengenai transaksi material dan perubahan kegiatan usaha utama. Di samping itu, transaksi tersebut juga bukan merupakan transaksi afiliasi dan benturan kepentingan sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor IX.E.1 mengenai transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu," kata Sekretaris Perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Gideon A Putro dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (29/6/2015). (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.