Sukses

8 Jurus untuk Jadi Wiraswasta Sukses

Menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Namun hal tersebut sebenarnya bukan merupakan hambatan untuk dapat berkembang menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Segelintir suka dan duka harus mampu Anda hadapi demi kelancaran bisnis yang Anda miliki. Tidak adanya nasehat, petunjuk maupun arahan yang didapat kadang memang akan membuat frustasi. Namun hal tersebut sebenarnya bukan merupakan hambatan untuk dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Matthew Torren, seorang wirausahawan sukses yang juga merupakan co-founder dari YoungEnterpreneur.com membeberkan sejumlah jurus yang dapat Anda pakai untuk menjadi seorang wirausahawan sukses. Seperti yang dilansir dari laman Entrepreneur.com Selasa (30/6/2015), berikut 8 tips yang dapat Anda ikuti agar dapat sukses menjalani bisnis.

1. Bermimipi besar
Mimpi yang besar untuk sukses ternyata dapat membantu Anda menapaki terjalnya perjalanan bisnis. Seiring berjalannya waktu, hambatan besar pasti akan Anda temui. Namun mimpi yang besar ini akan membantu Anda untuk tetap fokus pada tujuan yang ingin diraih. "Mimpi dan harapan yang besar layaknya kompas, yang dapat membantu mengarahkan Anda untuk kembali ke jalur yang seharusnya," tutur Torren.

2. Penuhi visi Anda dengan ketekunan
Satu hal yang harus Anda miliki selain mimpi yang besar adalah ketekunan untuk dapat terus maju ke depan. Terkadang, sebesar apapun hambatan yang harus dihadapi, Anda harus tetap memilih untuk bertahan dan menghadapi keadaan yang ada. Dengan tekun dan terus berusaha melakukan yang terbaik, Anda pun akan mencapai sukses yang diinginkan.

3. Buatlah rencana, namun tetap fleksibel
Tidak dapat dipungkiri, rencana merupakan aspek penting yang harus anda pikirkan ketika berbisnis. Rencana yang baik akan membantu Anda untuk dapat memetakan permasalahan yang ada dan memilah langkah apa yang sebaiknya Anda ambil.

Dalam pembuatan rencana bisnis, rencana yang detail dan terstruktur rapi memang sangat baik untuk membantu Anda mengatur bisnis yang sedang dijalankan. Namun dalam penerapannya, tidak jarang Anda dipertemukan dengan situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu diperlukan sebuah rencana bisnis yang fleksibel demi dapat menanggulangi permasalahan ini.

"Alasan saya tidak mendukung rencana yang sangat rinci adalah bahwa saya percaya Anda perlu fleksibel dalam menentukan langkah yang seharusnya ditempuh. Terkadang, perubahan besar pada rencana akan sangat diperlukan," tambah Torren.

4. Fokus pada keahlian Anda
Jika Anda merasa sudah memiliki keahlian di bidang tertentu, fokuslah pada hal tersebut. Fokus dan ahli pada satu bidang akan membuat Anda lebih baik dibandingkan mencoba untuk dapat menguasai keahlian yang lain. Jangan mencoba untuk dapat ahli di semua bidang karena hal tersebut akan merusak fokus Anda. Rekrutlah orang-orang terbaik yang dapat membantu di bidang lain.

5. Manfaatkan sumber daya yang ada
Terkadang kita terlalu sibuk untuk mencari model bisnis apa yang cocok untuk diterapkan pada usaha kita. Padahal, tidak ada salahnya untuk mengadaptasi model bisnis yang sudah ada, memakai aplikasi yang sesuai dibandingkan harus membuat dan menginstall dari awal. Selain dapat menghemat waktu, Anda pun tidak perlu susah-susah memikirkan konsep dan meniti semuanya dari awal.

6. Jaga Kesehatan
Kesehatan Anda merupakan hal terpenting yang harus tetap dijaga. Banyak orang yang terlalu sibuk bekerja hingga melupakan hal ini. Padahal apabila Anda sakit dan kondisi badan memburuk, Anda tidak mampu lagi untuk menggapai apa yang selama ini dicita-citakan.

7. Tingkatkan efeksivitas dan efisiensi
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam segala hal merupakan hal baik yang dapat Anda coba lakukan. Hal ini dapat dimulai dengan mencoba menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, atau memilah mana pekerjaan yang sebaiknya di kerjakan terlebih dahulu. Pintar mengatur prioritas akan berefek baik ada bisnis yang Anda jalankan.

8. Pertahankan rasa humor 
Tertawa merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan stres dan semua beban pikiran yang ada. Jadi, cobalah untuk tertawa untuk mengurangi pikiran yang mendera Anda selama berbisnis. Hal tersebut juga dapat meningkatkan aura positif dari dalam diri. (Vina M/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini