Sukses

BI Siapkan Rp 1,8 Triliun untuk Penukaran Uang di Kalsel

Kebutuhan uang Lebaran itu juga mempertimbangkan perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Banjarmasin - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan penukaran uang sebesar Rp 1,8 triliun untuk kebutuhan Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp 1,4 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan, Harymurthy Gunawan mengatakan jumlah tersebut sesuai perhitungan BI yang dilakukan awal tahun. Hal tersebut menimbang perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan.

"Termasuk di dalamnya kebutuhan hari raya besar termasuk Lebaran. Tentu angka tak jatuh dari langit. Setiap tahun ada pertumbuhan ekonomi, kegiatan ekonomi, transaksi masyarakat. Itulah dasar perhitungannya," kata dia di Banjarmasin, Selasa (30/6/2015).

Tak sekadar itu, perhitungan tersebut juga berdasarkan koordinasi dengan pihak perbankan umum. "Tinggal sekarang, apakah benar kebutuhan Rp 1,8 triliun? Kami koordinasi dengan perbankan dari data pada mereka berapa kebutuhan perbankan," ujar Hary.

Hary menuturkan ada beberapa mekanisme penyebaran uang tersebut. Di antaranya, pola distribusi dengan membuka loket BI Kalimantan Selatan. Kemudian, dengan mendistribusikan ke perbankan umum. Dia berharap perbankan turut aktif untuk menyalurkan uang itu.

Lalu dengan menerapkan pola kas keliling yang mana BI melakukan kunjungan di berbagai tempat. Pihaknya berharap sebagian besar uang tersebut bakal terserap oleh masyarakat.

"Tahun kemarin sebesar Rp 1,4 triliun hampir 90 persen terserap masyarakat. Kami harapkan tak jauh meleset kurang lebih sama," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.