Sukses

4 Asuransi Wajib untuk Orang Dewasa

Menjadi dewasa, banyak tanggung jawab yang harus ia emban. Salah satunya, memilih asuransi yang tepat untuk melindungi diri dan asetnya.

Liputan6.com, New York - Menjadi dewasa, banyak tanggung jawab yang harus ia emban. Salah satunya, memilih asuransi yang tepat untuk melindungi diri dan asetnya.

Kendala utamanya, pilihan asuransi yang banyak sehingga orang tidak mau meluangkan waktu untuk memikirkan mana yang tepat. Selain itu, banyak pula perusahaan yang menawarkannya sehingga orang tidak tahu mana perusahaan yang terpercaya. Belum lagi tawaran dan keuntungan yang bisa didapat dengan membeli polis asuransi pun beragam.

Berikut empat asuransi yang wajib Anda miliki menurut Huffingtonpost.com, Rabu (1/7/2015):

1. Asuransi mobil

Ketika memiliki mobil, Anda mulai memikirkan biaya yang harus dikeluarkan ketika terjadi kerusakan yang besar. Cari celah soal keringanan pembayaran asuransi ini. Di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, orang yang telah menikah membayar asuransi mobil dengan biaya lebih rendah. Alasannya, orang menikah cenderung lebih bertanggung jawab daripada yang lajang.

2. Asuransi rumah

Asuransi ini bisa memberi jaminan ketika rumah atau tempat tinggal Anda terbakar, kecurian, atau terkena bencana alam. Bukan hanya fisiknya yang terlindungi tapi ada juga yang mencakup isi di dalamnya.

Pastikan asuransi rumah yang Anda pilih menjamin nilai rumah tidak hanya saat pembelian, namun juga peningkatan nilainya seiring berjalannya waktu.

3. Asuransi kesehatan

Ketika belum bekerja Anda masih dilindungi asuransi kesehatan orang tua. Tapi setelah dewasa dan mandiri, Anda mulai mencari skema asuransi kesehatan yang tepat. Terkadang perusahaan tempat Anda bekerja memberikan skema tersebut. Tapi tidak semua perusahaan.

Ketika ingin memulai asuransi kesehatan tanyakan opsi-opsi yang bisa Anda terima. Jangan hanya melihat polisnya terjangkau. Pikirkan sejarah kesehatan keluarga Anda. Siapkan diri untuk kejadian terburuk.

4. Asuransi jiwa

Tidak ada seorang pun yang ingin memikirkan soal kematian ketika ia hidup. Tapi ketika itu terjadi, Anda pasti tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada keluarga Anda. Hal terakhir yang tidak Anda inginkan pasti keluarga mengalami masalah keuangan.

Hitungan praktisnya, perlindungan asuransi jiwa harus memberikan delapan hingga 10 kali pendapatan tahunan Anda. Semakin cepat Anda membeli asuransi ini maka biaya polisnya cenderung lebih rendah. Tetapi jika Anda merasa masih muda dan tidak memiliki keluarga, tidak masalah untuk menundanya sampai Anda mendapatkan ide lebih baik soal masa depan.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.