Sukses

Pipa Gas Jawa-Sumatera Tersambung, 25 Kota Tak Gunakan Elpiji

Jika 25 kota gas sudah terbangun, maka kota lainnya tinggal mencontek model infrastruktur yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan pipa gas Jawa-Sumatera akan tersambung dalam lima tahun ke depan. Dengan begitu akan terbangun kota gas.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, jika jalur pipa gas Jawa-Sumatera tersambung maka ada 25 kota yang siap menggunakan gas alam.

"Lima atau empat tahun ke depan. Jaringan pipa Jawa Sumatera harus sambung. Ada 25 kota gas," kata Sudirman, di Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Sudirman mengungkapkan, jika 25 kota gas sudah terbangun, maka kota lainnya tinggal mencontek model infrastruktur yang digunakan.

Menurutnya, jika penggunaan gas alam untuk kebutuhan rumah tangga dilakukan secara besar-besaran maka akan mengantikan peran elpiji yang bahan bakunya sebagian dari impor.

"Nanti kota lain tinggal mencontoh. Tetap ribet pakai elpiji tabung dibanding pipa gas," katanya.

Dia menyebutkan, kota yang akan menggunakan gas alam untuk keperluan rumah tangga adalah Surabaya. " Surabaya dalam waktu dekat kan jadi kota gas. Prabumulih juga minta," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini