Sukses

Kenaikan Konsumsi Saat Lebaran Capai 30%

Kementerian Perindustrian menggelar Bazar Lebaran yang diselenggarakan selama empat hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin memastikan bahwa sektor industri siap memproduksi barang-barang kebutuhan pokok masyarakat untuk persiapan Ramadan dan Idul Fitri 2015. Kementerian Perindustrian memperkirakan kenaikan konsumsi masyarakat mencapai 30 persen.

Saleh menjelaskan, peningkatan konsumsi masyarakat pada periode ini memang perlu diimbangi produksi. Oleh sebab itu dia memastikan bahwa industri mampu memproduksi dan mendistribusikan barang-barang kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.

"Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir dalam menyetok kebutuhan Lebaran," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Saleh memperkirakan pada periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, tingkat konsumsi masyarakat akan mengelami kenaikan sekitar 30 persen. Sedangkan terkait kenaikan harga barang-barang konsumsi, dia menilai hal tersebut sebagai hal yang wajar.

"Sudah menjadi hukum pasar bahwa pada saat menjelang puasa dan Lebaran tiba, harga barang-barang konsumsi menjadi naik dikarenakan sisi permintaan yang meningkat," lanjut dia.

Guna mendukung Kementerian Perdagangan dalam menekan lonjakan harga barang kebutuhan masyarakat, Kementerian Perindustrian juga menggelar Bazar Lebaran yang diselenggarakan selama empat hari, yaitu mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2015.

Bazar ini merupakan kerja sama antara empat Direktorat Jenderal dengan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perindustrian. Empat Direktorat Jenderal tersebut yaitu Direktorat Jenderal Industri Agro, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA), serta Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menegah.

"Bazar Lebaran ini menyediakan 63 stand gratis, tetapi diikuti sebanyak 78 peserta atau perusahaan yang menjual aneka produk makanan, minuman, kain, baju, busana muslim, perlengkapan rumah tangga, elektronik dan lain-lain," tandas Saleh. (Dny/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini