Sukses

Tiru Thailand, Mendag Ingin Ekspor Digenjot Lewat Udara

Mendag Rachmat Gobel mengatakan upaya mempermudah pengiriman produk ekspor melalui jalur udara ini sudah dilakukan Thailand dan sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya meningkatkan ekspor produk nasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia dalam pemanfaatan jasa angkutan udara nasional untuk meningkatkan perdagangan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengatakan upaya mempermudah pengiriman produk tujuan ekspor melalui jalur udara ini sudah dilakukan Thailand dan terbukti sukses meningkatkan ekspor negara tersebut, terutama ke kawasan Eropa.

"Kenapa Thailand begitu cepat perdagangannya ke Eropa?. Karena penerbangannya memberikan dukungan, Thai Airlines berikan fasilitasnya. Di sini Garuda Indonesia bisa berikan," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Terlebih lagi untuk kegiatan ekspor, ketepatan waktu pengiriman menjadi hal yang utama untuk mendorong tingkat kepercayaan pembeli di negara lain. Salah satunya harus dilakukan melalui jalur udara.

"Kerjasama ini bisa berikan nilai tambah pada produk-produk kita yang punya rencana peningkatan ekspor ke luar negeri. Kalau barang diminta cepat, tidak mungkin lewat laut, harus lewat udara," kata dia.

Selain itu, dengan memaksimalkan penggunaan jalur udara dalam pengiriman barang juga dinilai menjadi solusi bagi masalah dwelling time yang kerap terjadi di pelabuhan.

"Soal isu dwelling time di pelaubuhan, dengan pesawat tidak ada. Ini beri dampak positif pada perdagangan Indonesia. Ini memberikan kemudahan untuk angkutan bisa tekan biaya logistik itu sendiri. Ekspor itu dilihat dari kuantiti dan by order, maka akan memberikan kemudahan dan juga percepatan pelayanan yang bisa diberikan kepada importir," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini