Sukses

Apa Kata JK Soal BUMN Lepas Saham ke Publik?

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, keputusan BUMN untuk go public ada di tangan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak menyarankan agar BUMN melakukan initial public offering (IPO) atau perusahaan yang melakukan penawaran perdana saham. Sebab, kondisi perekonomian global saat ini masih kurang baik.

"Kalau lagi pasar agak lemah atau tidak mau juga harganya jatuh," ujar JK, usai menghadiri acara buka puasa bersama anak yatim piatu di JCC, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Meski demikian, keputusan tersebut berada di tangan Menteri BUMN Rini Soemarno. JK tak bisa memastikan apakah Rini memiliki rencana agar perusahan-perusahaan milik negara‎ ikut bermain di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Saya belum tahu (IPO BUMN 2015), pasti ada rencana, nanti tanya sama Ibu Rini," tutur JK.

Seperti diketahui, saat ini hanya beberapa anak usaha BUMN yang go public antara lain, PT Wijaya Karta Beton Tbk pada 2014, dan PT PP Properti pada 2015.

Di pasar modal Indonesia, sejumlah saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tercatat mencapai 20 emiten. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Desember 2014, kapitalisasi pasar saham BUMN mencapai Rp 1.358,76 triliun atau sekitar 26,42 persen dari kapitalisasi pasar saham BEI mencapai Rp 5.142,82 triliun.

Ada sejumlah saham BUMN yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham terbesar di pasar modal Indonesia. Saham BUMN itu antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

Video Terkini