Sukses


Mau Beli Apartemen Mewah di Atas Rp 5 Miliar? Cek Lokasinya

Dengan menjamurnya apartemen mewah, Jakarta sebentar lagi akan jadi hotspot internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) membuka keran orang asing untuk memiliki properti di Indonesia. Kebijakan ini bisa menjadi angin segar bagi para pengembang apartemen mewah. Di mana saja lokasi apartemen mewah seharga di atas Rp 5 miliar dijual?

Portal properti Lamudi dalam keterangan resminya mengutip usulan Real Estate Indonesia (REI) terhadap kepemilikan properti oleh warga negara asing hanya terbatas pada apartemen di kota-kota besar.

Harga minimalnya di atas Rp 5 miliar atau setara dengan US$ 376 ribu. Itu artinya, kata Managing Director Lamudi Indonesia, Steven Ghoos, Jakarta sebentar lagi akan menjadi hotspot internasional.

"Rencana itu akan merangsang perkembangan apartemen mewah baru yang ditargetkan untuk orang asing. Karena dibatasi hanya untuk kota-kota besar, Jakarta masih akan menjadi sasaran lokasi bagi pembeli potensial," terang dia di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Menurut laporan Colliers, apartemen mewah di Jakarta saat ini difokuskan pada wilayah Jakarta Selatan dan kawasan pusat bisnis (CBD). Pasar ini telah mengalami perlambatan tahun lalu karena pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS.

Lanjutnya, biaya konstruksi yang semakin tinggi menyebabkan meningkatnya persediaan apartemen mewah di daerah-daerah tersebut. Hal ini memberikan kesempatan bagi orang asing untuk membeli apartemen mewah di Jakarta. Dengan kebijakan tersebut, diharapkan akan mengatasi perlambatan dan membawa pertumbuhan positif dalam industri properti.

Data terbaru dari portal properti global Lamudi mengungkapkan ada 5 daerah paling populer di Jakarta untuk apartemen mewah dengan harga di atas Rp 5 miliar, antara lain :

1. Kuningan, Jakarta Selatan

Berlokasi di wilayah strategis di kawasan pusat bisnis Segitiga emas Jakarta (Kuningan-Sudirman-Gatot Subroto), apartemen di Kuningan adalah yang paling dilihat oleh sebagian besar pemburu properti.

Apartemen Verde yang belum lama diluncurkan, merupakan hunian mewah yang dikembangkan oleh Farpoint. Menawarkan ruang tinggal dengan standar internasional dengan kisaran harga awal Rp 7 miliar.

Bagi mereka yang hobi belanja dan hiburan, MyHome Apartment yang dikembangkan oleh Ciputra dapat menjadi pilihan bagus karena terletak sangat dekat dengan mal dan pusat perbelanjaan, seperti Lotte Shopping Avenue dan Kuningan City.

2. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kebanyakan daerah Kebayoran Baru meliputi perumahan, juga terletak di daerah tersebut adalah kawasan bisnis Sudirman CBD. Pemburu apartemen mewah diberi pilihan hunian populer termasuk Essence Dharmawangsa, Pakubuwono, dan The Ease Brawijaya Kebayoran.

Pembeli properti beserta keluarga akan menemukan tempat tinggal apartemen di daerah Kebayoran Baru yang sangat nyaman karena dilengkapi dengan fasilitas anak-anak dan rekreasi serta pilihan untuk kegiatan yang menyenangkan.  

3. Kemang, Jakarta Selatan

Terkenal sebagai daerah yang didiami banyak bule, Kemang tersohor sebagai tempat gaul para ekspatriat dan anak muda. Daerah ini terkenal dengan kawasan hunian elit. Beragam restoran dan kafe menyajikan hidangan internasional.

Supermarket menjual barang-barang impor, serta toko interior dan dekorasi di Kemang, menjadikan kawasan tersebut ruang hidup yang ideal untuk ekspatriat. Beberapa apartemen mewah yang populer di daerah tersebut adalah Bloomington Kemang Village dan Kemang Village Ritz.

4. Kelapa Gading, Jakarta Utara

Kelapa Gading adalah area bisnis terkemuka di bagian Utara Jakarta. Didukung oleh infrastruktur komersial seperti pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan modern, serta fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit, Kelapa Gading menjadi populer bagi warga yang fokus pada kegiatan mereka di satu daerah.

Di daerah ini, apartemen Nice Garden Tower dan Gading Resort adalah salah satu dari beberapa apartemen mewah yang menjadi opsi hunian bagi ekspatriat.

5. Thamrin, Jakarta Pusat

Memiliki peringkat kedua tertinggi untuk harga beli rata-rata setelah Jakarta Selatan yaitu sekitar Rp 22 juta ($ 1.650) per meter persegi, Jakarta Pusat menawarkan gaya hidup mewah di pusat kota. Ruang hunian di apartemen Kempinski, Grand Indonesia misalnya, ditawarkan dengan paket lengkap yang terdiri fasilitas olahraga, rekreasi, anak-anak serta fasilitas bisnis. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.