Sukses


Tips Jaga Rumah Saat Ditinggal Mudik

Berikut faktor umum dan tips yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menjadi salah satu kegiatan rutin saat hari raya terutama Lebaran. Agar mudik dapat berjalan lancar ternyata tak hanya memperhatikan dan mempersiapkan dana mudik tetapi juga keamanan rumah ketika ditinggal mudik.

Keamanan rumah jadi faktor penting terutama ketika rumah ditinggalkan seluruh keluarga saat mudik. Agar mudik Anda berjalan nyaman dan lancar tanpa harus khawatir isi rumah akan kemalingan ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan. Freddy Siregar dari Kenari Djaja pun membagikan tips untuk menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Freddy mengatakan, faktor yang harus diperhatikan secara umum saat mudik yaitu buat timer untuk lampu. Lalu Anda juga bisa minta tolong menitip rumah ke tetangga, dan juga pihak keamanan di kompleks perumahan Anda.

Khusus hal yang jadi perhatian saat rumah ditinggal mudik yaitu keamanan pintu. Freddy mengatakan, salah satu peralatan tambahan yang digunakan untuk keamanan yaitu grendel. "Peralatan tambahan ini ini berfungsi kalau ada di dalam, dan alat ini menjadi tak berfungsi kalau ditinggalkan," kata Freddy kepada www.rumah.com, Senin (6/7/2015).

Tak hanya itu, Freddy juga menuturkan, saat ini ada peralatan yang dapat digunakan untuk keamanan rumah saat ditinggal mudik. Peralatan ini badan kunci yang mengunci di lima titik. Peralatan ini juga jauh lebih aman karena memiliki kekuatan yang lebih tinggi karena keamanannya yang tidak kelihatan.

Freddy menambahkan, biasanya ketika rumah ditinggal mudik, kepala keluarga dapat membawa dan memegang banyak anak kunci di ruangan rumah. Biasanya ada sekitar 3-4 anak kunci. Freddy mengatakan, biasanya anak kunci di bawa mulai dari pintu pagar, pintu garasi, pintu rumah dan kamar tidur.

Ketika anak kunci ini dibawa biasanya mudah dilupakan, dan akan ingat bila kembali dari mudik. Akan tetapi, kadang seseorang suka lupa meletakkan kunci. Karena itu, salah satu peralatan membantu saat ditinggal mudik yaitu master key.

"Master key ini satu kunci untuk banyak anak pintu. Jadi kalau mudik cukup efisien gunakan satu anak kunci," kata Freddy. (Ahm/Igw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.