Sukses

Pertengahan Ramadan, Harga Daging Relatif Stabil

Kenaikan harga daging sapi jelang Hari Raya Idul Fitri merupakan hal yang biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi di pasar tradisional selama Ramadan tahun ini cenderung stabil. Namun memang, harga daging sapi telah mengalami kenaikan sebelum awal puasa lalu.

Salah satu pedagangan daging di Pasar Buncit, Jakarta Selatan, Pepen (46) menjelaskan, sebelum puasa atau satu minggu menjelang puasa, harga daging telah mengalami kenaikan kurang lebih Rp 5.000 per kilogram (kg).

"Pas mau puasa kemarin naiknya, tapi kalau sekarang stabil. Kemarin naiknya Rp 5.000 dari Rp 100 ribu per kg jadi Rp 105 ribu per kg," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (6/7/2015).

Meski mengalami kenaikan harga, permintaan akan daging diakui Pepen terus mengalami peningkatan. Terutama untuk kebutuhan rumah makan dan pedagang sayuran.

"Pembelinya masih banyak, karena kan rumah makan dan pedagang sayur belum pulang kampung. Untuk pasokan sejauh ini aman, tidak susah," lanjut dia.

Pepeng memperkirakan, jelang Lebaran nanti akan terjadi kenaikan harga. Hal tersebut dinilai biasa terjadi jelang Lebaran dan juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Biasanya harga baik. Biasanya mulai empat hari sebelum Lebaran. Tapi naiknya berapa kami belum tahu, tergantung dari tempat pemotongannya. Kalau tahun lalu naiknya sampai Rp 110 ribu per kg," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini