Sukses

Pedagang Sulit Dapat Pasokan Kebutuhan Pokok

Pada Ramadan tahun ini, kenaikan harga terjadi pada kacang tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang bahan pokok di pasar tradisional mulai mengeluh soal sulitnya pasokan sejumlah barang-barang kebutuhan masyarakat. Rina (43) salah satu pedagang bahan kebutuhan pokok di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan sulitnya pasokan ini terjadi mulai minggu ini.

"Hari ini saya pesan 24 item, tapi yang dikirim cuma 6 item. Katanya di sana gudangnya lagi kosong," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (6/7/2015).

Sementara untuk harga, Rina mengungkapkan bahwa sejauh ini masih relatif stabil untuk sebagian besar bahan kebutuhan pokok. Meski demikian, jika dibandingkan Ramadan tahun lalu, harga saat ini jauh mengalami kenaikan.

"Harga sejauh ini cenderung stabil, kalau naik ya sedikit-sedikit. Tapi kalau dibandingkan dengan tahun lalu, harga sekarang termasuk tinggi," kata dia.

Pada Ramadan tahun ini, kenaikan harga terjadi pada kacang tanah. Jika sebelum puasa harganya berkisar Rp 20 ribu per kg, saat ini sudah mencapai Rp 25 ribu per kg. Sedangkan harga telur ayam mulai mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

"Telur ayam termasuk yang mulai turun. Sebelum puasa, harganya Rp 20 ribu, kemudian awal puasa Rp 25 ribu. Sekarang mulai turun ke Rp 23 ribu," jelasnya.

Rina memperkirakan, harga saat ini akan bertahan hingga Lebaran. Sedangkan kenaikan harga baru akan terjadi setelah Lebaran. Hal tersebut karena pasokan barang relatif sulit karena tidak ada tenaga kerja yang mendistribusikan barang-barang.

"Kalau mau Lebaran biasanya harga tidak naik. Setelah Lebaran harga baru naik, karena barang susah, pekerjanya yang biasa distribusi kan pulang kampung. Kalau dari pengalaman dari tahun-tahun lalu begitu," tandas dia.

Berikut daftar harga bahan pangan berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Beras kualitas medium Rp 12 ribu per kg
Minyak goreng curah Rp 12 ribu per kg
Gula pasir Rp 13 ribu per kg
Gula merah Rp 14 ribu per kg
Telur ayam Rp 23 ribu per kg
Tepung terigu Rp 7.000 per kg
Sagu Rp 9.000 per kg
Kacang tanah Rp 25 ribu per kg
Garam Rp 6.000 per pack
Daging Rp 105 ribu per kg
Ayam potong Rp 35 ribu per ekor.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.