Sukses

Freeport Bersedia Ikuti Arahan Presiden Jokowi

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsuddin menuturkan, penggunaan produk dalam negeri diharapkan dapat meningkatkan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia berkomitmen menggunakan produk dalam negeri untuk menjalankan usaha, salah satunya dengan PT Pindad (Persero). Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu dengan Presiden Komisaris Freeport Mcmoran, James R. Moffett.

"Kami komitmen dengan konten lokal antara lain Pindad. Pindad juga menghasilkan apa yang dibutuhkan untuk operasi tambang. Seperti bahan peledak atau ada alat-alat ringan dan berat," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin, di Gedung, DPR, Jakarta, Selasa (6/7/2015).

Maroef mengatakan, penggunaan produk dalam negeri tersebut akan memberikan banyak dampak positif bagi perekonomian. "Kami memberikan kerja sama dengan BUMN jadi ada multiplier effectnya, seperti tenaga kerja dan sebagainya," tutur Maroef.

Seperti diketahui, pertemuan yang berlangsung pada Kamis 2 Juli 2015 Presiden Jokowi memberikan beberapa arahan di antaranya:

Pemerintah berkepentingan untuk membangun iklim investasi yang sehat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi;

Pemerintah ingin  keberadaan PTFI dapat menjadi pilar utama dalam percepatan pembangunan kawasan Papua, karena itu perlu dilakukan evaluasi menyeluruh sebagaimana telah diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 16 tahun 2015.

Dalam menjalankan operasinya, PT Freeport Indonesia harus semakin meningkatkan porsi penggunaan kapasitas dalam negeri, baik dalam penggunaan barang dan jasa, maupun pemanfaatan tenaga kerja. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Freeport Indonesia adalah salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia yang terletak di Papua.

    Freeport Indonesia

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi