Sukses

Menteri Yuddy Minta Pemda Segera Ajukan Jumlah Penambahan PNS

Jika penyetoran E-Formasi dari pemerintah daerah ke kementerian PAN-RB mengalami keterlambatan, maka akan merugikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi menghimbau kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk segera melaporkan E-Formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dibutuhkan.

Yudi mengatakan, susunan tersebut untuk mengetahui jumlah dan formasi yang dibutuhkan ketika hendak melakukan rekrutmen dalam lima tahun ke depan, karena itu Yudi meminta E-Reformasi segera disetor.

"Kami tak bisa memaksa. Oleh sebab itu kami hanya bisa mengimbau," kata Yuddy usai Rapat Kerja Aparatur Sipil Nasional 2015, di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Yudi mengakui, untuk merumuskan jumlah dan formasi PNS yang dibutuhkan dalam jangka lima tahun ke depan memang tak mudah.Apalagi bagi instansi besar yang memiliki ribuan pegawai.

"Masing-masing daerah miliki dinamika yang berbeda-beda dalam menyusun E-Formasi dengan melihat kebutuhan dalam 5 tahun ke depan. Untuk menghitung jabatan kosong yang dibutuhkan dan apakah diperlukan sarjana itu memang sulit," ungkapnya.

Menurut Yuddy, jika penyetoran  E-Formasi dari instansi ke kementerian PAN-RB mengalami keterlambatan, maka akan merugikan instansi tersebut. Pasalnya penambahan pegawai akan terhambat.

"Ada ketelambatan sampai akhir tahun ini tidak ada toleransi. Dia sendiri yang rugi. Mereka tidak bisa menambah pegawai, karena pola penambahan beda sama dulu," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini