Sukses

Beau Soleil, Sekolah Asrama Mahal yang Punya Siswa dari 50 Negara

Adalah College Alpin International Beau Soleil, sebuah sekolah asrama dengan biaya pendidikan mencapai Rp 1,24 miliar per tahun

Liputan6.com, New York - Pendidikan seringkali dianggap sebagai salah satu kebutuhan yang sangat mahal mengingat banyak orang yang tak dapat merasakan belajar di bangku sekolah. Di tengah anggapan tersebut, salah satu sekolah dengan biaya termahal di dunia berdiri gagah di Swiss.

Adalah College Alpin International Beau Soleil, sebuah sekolah asrama dengan biaya pendidikan mencapai US$ 93.158 atau Rp 1,24 miliar per tahun. Sekolah tersebut didirikan pada 1910 di Gstaad sebelum akhirnya dipindahkan ke lokasinya sekarang sekitar 10 tahun lalu. (kurs: Rp 13.330/US$).

Jumlah seluruh siswa tersebut hanya dibatasi sebanyak 200 orang. Rata-rata satu kelas hanya dihuni empat siswa saja. Para siswa di sekolah tersebut berasal dari puluhan negara berbeda dengan ragam etnis berbeda.

Apa saja keunggulan sekolah yang berdiri di Swiss tersebut? Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari The Richest, Huffington Post, Daily Mail dan sejumlah sumber lain, Selasa (7/7/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

College Alpin International Beau Soleil

College Alpin International Beau Soleil

Didirikan pada 1910, Beau Soleil merupakan salah satu bangunan tertua di Swiss. Kini sekolah tersebut dikelola dan diurus oleh generasi ketiga dari keluarga pendirinya.

Dengan biaya yang sangat mahal dan berbagai fasilitasnya, pihak sekolah berharap dapat memberikan para siswa pendidikan yang komprehensif, baik secara intelektual, fisik, emosional dan sosial. Itu semua guna mengembangkan pola pikir kritis dan apresiasi pada diri sendiri.

Beau Soleil juga berharap seluruh lulusannya memiliki tingkat disiplin yang tingga. Sekolah asrama yang diikuti 200 siswa setiap tahunn ini juga menghadirkan pemandangan yang indah di mana para siswa dapat menikmati bukit Rhone, Mont Blanc.

3 dari 4 halaman

Siswa-siswa di College Alpin International Beau Soleil

Siswa-siswa di College Alpin International Beau Soleil

Setiap tahun sekolah hanya menerima 200 siswa yang satu kelasnya hanya diisi empat siswa saja. Ada sekitar 50 kebangsaan yang bersatu tinggal di asrama sekolah.

Meski begitu, masing-masing negara hanya memiliki kurang dari 10 persen dari total siswa di sana. Artinya satu negara, sedikitnya memiliki kurang dari 20 siswa.

Dengan fasilitas mewahnya,Beau Soleil telah mendidik anak-anak dari kerajaan Eropa dan orang-orang terkenal lainnya. Diversitas antar negara yang sangat beragam di sekolah tersebut membuat para siswa belajar menghargai satu sama lain.

Kondisi ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan emosional dan inter-personalnya. Setiap siswa juga diberikan keleluasaan untuk mempromosikan budaya dari negaranya.

4 dari 4 halaman

Fasilitas dan pemandangan indah

Fasilitas dan pemandangan indah

Sekolah asrama internasional di Swiss itu terletak di kawasan pegunungan dekat Jenewa dengan pemandangan langsung ke Rhone Valley. Di sekolah tersebut, para siswa dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti restoran mewah, pusat kesenian, hingga pusat balapan.

Banyak siswa bersekolah di sana karena tertarik dengan kecantikan Swiss. Selain itu lingkungan di sekitar Jenewa juga terkenal aman.

Para siswa juga tak perlu pusing untuk mencari tempat berlibur karena sekolahnya terletak di jantung Eropa. Para siswa dapat berlibur ke Paris atau Roma.

Kurikulum di sana juga tampak menyenangkan karena menggabungkan aspek akademis, olahraga, ekspedisi hingga kegiatan kesenian yang dapat mengeksplorasi bakat para siswa. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini