Sukses

10 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Terparah di 2015

Berdasarkan survei ekonom yang digelar Bloomberg, sedikitnya ada 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi terparah hingga akhir tahun ini.

Liputan6.com, New York - Perekonomian global diprediksi akan melemah sepanjang 2015 hingga 2016 mendatang. Berdasarkan survei ekonom yang digelar Bloomberg, sedikitnya ada 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi terparah hingga akhir tahun ini.

Melansir laman Bloomberg, Selasa (7/7/2015), Ukraina akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terparah di dunia. Konflik yang menghantam negara di bagian timur Eropa ini akan melihat produk domestik brutonya mengalami kontraksi sebesar empat persen pada kuartal ke-4 tahun ini.

Terdapat sekitar 47 negara dengan laju pertumbuhan ekonomi terparah yang disurvei Bloomberg sejak April hingga Juni. Perlambatan ekonomi juga akan dialami Rusia di mana pertumbuhannya diprediksi merosot 3,5 persen akhir tahun nanti di tengah sanksi internasional dan turunya harga minyak.

Sebagian negara di Amerika Latin juga akan kesulitan mempercepat laju pertumbuhannya hingga 2016 mendatang. Brasil dan Argentina diprediksi akan mengalami gangguan ekonomi akibat inflasi dan tingkat pengangguran yang meningkat tajam.

Sementara dengan rangkaian krisis yang menerpanya, Yunani dinyatakan berada di peringkat ke-8 sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terparah tahun ini. Sebelumnya, IMF memprediksi Yunani tak akan mengalami pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015.

Selengkapnya, berikut 10 negara dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi terparah sepanjang 2015:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Negara

1. Ukraina

Pertumbuhan ekonomi: -4 persen

2. Rusia

Pertumbuhan ekonomi: -3,5 persen

3. Brasil

Pertumbuhan ekonomi: -1,6 persen

4. Argentina

Pertumbuhan ekonomi: -1,5 persen

5. Swiss

Pertumbuhan ekonomi: 0,1 persen

6. Kroasia

Pertumbuhan ekonomi: 0,2 persen

7. Serbia

Pertumbuhan ekonomi: 0,5 persen

8. Yunani

Pertumbuhan ekonomi: 0,9 persen

9. Italia

Pertumbuhan ekonomi: 1,1 persen

10. Kazakhstan

Pertumbuhan ekonomi: 1,2 persen

(Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini