Sukses

Permintaan Ikan Anjlok 30% Saat Ramadan

Permintaan akan ikan pada Ramadan tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan akan ikan pada Ramadan tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Penurunan permintaan ini terutama terjadi pada produk ikan olahan.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P. Hutagalung mengatakan dari hasil kunjungannya ke beberapa wilayah khususnya di Jabodetabek, industri pengolahan ikan mengeluhkan penurunan permintaan akan produk ikan olahan.

"Permintaan akan produk ikan olahan mengalami penurunan. Di Jakarta, pusat produk olahan seperti di Jelambar. Industri di sana rata-rata mengatakan seperti itu. Juga waktu kita cek ke Bogor, Depok, Cikarang, Bekasi," ujarnya seperti ditulis Rabu (8/7/2015).

Dia menjelaskan, pada Ramadan tahun ini permintaan akan produk ikan olahan mengalami penurunan antara 20 persen hingga 30 persen.

"Jadi dibandingkan dengan bulan puasa tahun lalu mengalami penurunan. Kalau dibandingkan bulan sebelum puasa stagnan saja tidak ada peningkatan yang tajam. Penurunannya antara 20 persen-30 persen," lanjutnya.

Menurut Saut, penurunan ini diperkirakan akibat daya beli masyarakat yang menurun, serta kondisi-kondisi lain seperti belum dibayarkannya tunjangan hari raya (THR) para pekerja.

"Umumnya kita dengar keluhan bahwa permintaan kurang karena beberapa hal seperti sekarang muncul kondisi ekonomi, pas juga musim pendaftaran anak sekolah dan THR belum dibayarkan. Ini yang mempengaruhi permintaan," katanya.

Meski demikian, Saut yakin bahwa permintaan akan ikan dan produk ikan olahan ini akan mengalami peningkatan permintaan jelang Lebaran. Hal tersebut didorong oleh tren masyarakat terutama di wilayah perkotaan yang semakin banyak melakukan buka puasa di restoran, termasuk restoran dengan sajian ikan.

"Tapi semakin mendekati lebaran, semakin banyak masyarakat terutama di kota-kota besar yang berbuka puasa di luar rumah seperti di restoran. Ini akan membuat permintaan akan ikan melonjak tajam. Itu tren setiap tahun. Nanti jelang H-10 akan melonjak tajam karena masyarakat ingin berbuka di luar rumah," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini