Sukses

Miliarder Ini Sumbang Rp 85 Triliun Buat Pendidikan

Ghurair adalah ayah dari miliarder Abdulaziz Al Ghurair, kepala eksekutif bank Mashreq yang berbasis di Dubai.

Liputan6.com, New York- Pengusaha papan atas Uni Emirat Arab Abdullah Ahmed Al Ghurair telah menyumbangkan sepertiga dari asetnya untuk membantu pendidikan di negaranya. Itu artinya, Ghurair mendonasikan sepertiga dari total kekayaannya senilai US$ 6,4 miliar atau Rp 85,5 triliun (kurs: Rp 13.356/US$).

Melansir laman emirates247, Kamis (9/7/2015), Ghurair adalah ayah dari miliarder Abdulaziz Al Ghurair, kepala eksekutif bank Mashreq yang berbasis di Dubai. Itu merupakan salah satu lembaga pemberi pinjaman terbesar di UEA.

Secara global, ia berada di peringkat ke-220 sebagai miliarder terkaya di dunia. "Abdullah Al Ghurair dan saudara miliarder nya, Saif, merupakan pengusaha terkemuka. Pada tahun 1967, Abdulla mendirikan Mashreqbank, sekarang salah satu bank ternama di negara itu," seperti dilansir dari profilnya di Forbes.

Abdullah Ahmad Al Ghurair, yang bisnisnya berkutat di bidang perbankan, makanan, konstruksi dan real estate, meluncurkan Yayasan Pendidikan Abdullah Al Ghurair, lembaga filantropi yang didedikasikan untuk kemajuan pemuda dan wanita di UAE dan Timur Tengah.

Yayasan ini awalnya bertujuan untuk menghabiskan dana US$ 1 miliar hingga 10 tahun ke depan. Awalnya semua itu ditujukan pada para pemuda yang kurang mampu di UEA.

Yayasan itu akan berinvestasi dalam program-program yang meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Tak hanya itu, lembaganya juga telah membantu sedikitnya 15.000 pemuda Arab yang menjanjikan dari latar belakang kurang mampu guna mengejar kualitas pendidikan tinggi.

Lembaga tersebut juga akan bekerjasama dengan yayasan pendidikan terbaik di kawasan dan di dunia.

"Pendidikan adalah landasan masyarakat agar bisa hidup sejahtera, progresif dan inklusif, dan yang penting untuk pembangunan yang berkesinambungan dari bangsa kita dan pemberdayaan pemimpin masa depan kita," kata Abdullah Al Ghurair Ahmad. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Pendidikan

Video Terkini