Sukses

St. Albans, Sekolah Asrama Pria dengan Siswa Paling Cerdas

Meski pendidikan diberikan dengan fasilitas moderen, St. Albans ternyata telah berdiri sejak 1909.

Liputan6.com, Washington - Mencari sekolah dengan biaya murah kini nampaknya sangat sulit, apalagi tarafnya sudah mencapai skala internasional. Adalah St. Albans School, sekolah asarama yang siap menampung para siswa dari berbagai negara dengan biaya pendidikan mencapai US$ 54.151 atau Rp 722,1 juta (kurs: Rp 13.334/US$).

Sekolah Episcopal ini berlokasi di Washington D.C, Amerika Serikat. Lembaga pendidikan mahal ini siap menampung para siswa dari kelas 4 hingga kelas 12.

Meski pendidikan diberikan dengan fasilitas moderen, St. Albans ternyata telah berdiri sejak 1909. Sekolah ini didirikan oleh Harriet Lane Johnston dan rata-rata setiap tahunnya memiliki 575 siswa.

Bagaimana keseharian para siswa di sana dan seperti apa fasilitas yang diberikan salah satu sekolah termahal di dunia ini? Berikut ulasannya seperti dilansir dari The Richest, Business Insider, dan situs resmi sekolah, Kamis (9/7/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekolah asrama khusus pria

Sekolah asrama khusus pria

St. Albans School didirikan Harriet Lane Johnston pada 1909. Sekolah yang terletak di Washington D.C., ini merupakan sekolah asrama khusus pria.

Sebagai sekolah yang hanya menerima siswa pria, St. Albans juga berkoordinasi dengan National Cathedral School, sekolah asrama khusus perempuan yang sangat dekat dengan Cathedral. hubungan antar kedua sekolah ini tumbuh di bidang pelayanan masyarakat, hubungan sosial, dan ekstrakurikuler.

Seluruh siswa di St. Albans memiliki hubungan yang sangat dekat satu sama lain, sekalipun berbeda fakultas. Mereka seringkali makan siang bersama layaknya keluarga, dan dalam belajar memelihara lingkungan.

Sekolah ini juga fokus menanamkan pemahaman spiritual dan berusaha melayani masyarakat. Sebagian besar alumni St. Albans di seluruh dunia melakukan pekerjaan yang luar biasa mulia dan tetap membina hubungan baik dengan para siswa.

3 dari 4 halaman

Sekolah asrama dengan siswa terpandai

Sekolah asrama dengan siswa terpandai

Meski sekolah asrama ini dihuni siswa pria saja, tapi belajar dengan rajin tetap menjadi disiplin utama. Terbukti, St. Albans menjadi sekolah asrama dengan siswa paling cerdas di Amerika Serikat.

Itu lantaran para siswa St. Albans berhasil mendapatkan nilai rata-rata SAT di atas 2.100. Itu merupakan nilai SAT tertinggi di antara seluruh sekolah asrama di AS.

Dalam lima tahun terakhir, 80 lulusan Albans berhasil masuk ke Ivies, selama delapan tahun, 45 siswanya mampu menjadi National Merit Semifinalis. Tak hanya itu, sebanyak 22 siswanya mampu meraih beasiswa presiden.

Beberapa alumninya juga tampak mencapai karir yang memukau, mulai menjadi politisi seperti AlGore dan Senator Evan Bayh, aktor Jeffrey Wright dan astronot Michael Collins.

4 dari 4 halaman

Kelas yang kompetitif

Kelas yang kompetitif

Kelas-kelas di St. Albans tampak sangat sulit dan dapat menjadi lingkungan belajar yang kompetitif bagi para siswanya. Di sekolah mahal itu, para siswa belajar berbagai kemampuan khusus dan informasi penting yang mengantarkannya pada universitas ternama setelah lulus.


St. Albans juga menawarkan pelajaran menulis yang sangat luar biasa. Ada juga jurusan matematika dengan pola pengajaran yang luar biasa serta jurusan bahasa Inggris yang membantu siswanya lebih kritis dalam membaca.

Selain itu, para siswa juga dituntut untuk belajar berpikir kritis. Para siswa juga mendapatkan keuntungan dari jumlah siswa yang sedikit di setiap kelas. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini