Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Perlambatan Ekonomi RI Tak Pengaruhi Minat Investor Domestik

Mayoritas investor Indonesia masih memilih tipe investasi yang jangka panjang atau 5 tahun hingga 10 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pada laporan pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2015 mencatatkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 4,7 persen. Level tersebut mengalami perlambatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014 yang masih berada di angka 5 persen.

Namun, menurut Schroders Global Investment Trends Survey 2015, pelemahan ekonomi Indonesia dan gejolak permasalahan domestik tak terlalu mempengaruhi minat masyarakat Indonesia untuk tetap melakukan investasi.

"Kami yakin tantangan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini tak akan meluluhkan niat investor dalam berinvestasi. Namun, dalam berinvestasi para investor harus pandai dan cermat dalam memilih instrumen yang tepat," kata‎ Michael Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia dalam keterangannya, Jumat (10/7/2015).

Dijelaskannya, dari hasil survei tersebut, mayoritas investor masih memilih tipe investasi yang jangka panjang.‎ Terbukti sebanyak 64 persen investor Indonesia tetap memilih untuk berinvestasi, namun dengan jangka waktu yang lebih panjang  atau 5 tahun hingga 10 tahun. Dengan kata lain, angka tersebut menunjukkan optimisme investor Indonesia untuk tetap berinvestasi.

Temuan dari Schroders Global Investment Trends Survey 2015 juga menunjukkan bahwa 63 persen investor di Indonesia lebih memilih untuk mengalokasikan investasinya di instrumen dengan tingkat risiko rendah dan menengah. Sedangkan  50 persen investor Indonesia berencana untuk berinvestasi berdasarkan kondisi pasar dalam 12 bulan ke depan.

Schroders menugaskan Research Plus Ltd untuk melaksanakan survei yang melibatkan 20.706 investor dari 28 negara di seluruh dunia, termasuk 200 investor Indonesia, yang merencanakan berinvestasi setidaknya 10.000 euro dalam kurun waktu 12 bulan ke depan.

Temuan lain dari Schoders Global Investment Trends Survey 2015 menyebutkan bahwa 50 persen investor di Indonesia berencana untuk mengubah instrumen investasinya sesuai dengan kondisi pasar dalam satu tahun ke depan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.