Sukses

5 Jurus Jitu Hadapi Deadline

Pusing dengan deadline pekerjaan yang mengejar Anda? Cek tips menghadapinya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kerja memang tidak pernah luput dari deadline. Entah sebagai seorang wirausahawan, ataupun pegawai yang bekerja pada di suatu perusahaan, Anda pasti pernah dihadapkan dengan deadline yang mengharuskan Anda untuk menyelesaikan segelintir pekerjaan yang dalam batas waktu tertentu.

Kerap kali kehadiran deadline ini membuat pusing para pekerjanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut 5 tips yang dapat Anda gunakan agar tidak pernah melewatkan deadline seperti yang dikutip dari laman Entrepreneur.com, Sabtu (11/7/2015)

1. Tahu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan

Hal ini memang sulit untuk dilakukan. Namun dengan seiring bertambahnya pengalaman Anda bekerja, Anda akan dapat mengira-ngira berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pastikan di akhir pekerjaan, Anda juga menilai akurasi dari perkiraan Anda sebelumnya. Dengan begini, Anda pun akan semakin mahir mengatur manajemen waktu

2. Mengetahui kebutuhan konsumen

Ketika klien Anda meminta untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tenggat waktu tertentu, pastikan Anda benar-benar mengerti kebutuhannya. Hal ini dapat Anda ketahui dengan bertanya tentang pekerjaan yang harus diselesaikan. Seperti latar belakang tugas tersebut atau tujuan yang ingin dicapai. Dengan begitu, Anda akan mampu menunjukkan kredibilitas ketika bekerja.

Jangan lupa terkadang ada beberapa hal yang sering berubah dalam pengakplikasiannya. Oleh karena itu, Anda harus tetap berkomunikasi dengan klien, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama pekerjaan berlangsung.

3. Jujur pada diri sendiri

Setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing dalam bekerja, oleh karena itu Anda harus mampu mengerti sejauh mana kemampuan Anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Hal ini sangat berpengaruh ketika Anda menentukan batas waktu penyelesaian pekerjaan. Jangan memaksakan diri Anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut, apabila memang kemampuan Anda tidak sesuai dengan apa yang diminta.

4. Melakukan hal yang tidak pasti

Terkadang, Anda diminta untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuan yang dimiliki. Sebenarnya, itu tidak selalu menjadi hal yang salah. Tidak ada salahnya mengiyakan dan mencoba melakukan pekerjaan tersebut. Namun tetap ingat, Anda harus memberitahukan kepada klien terlebih dahulu tentang kemampuan yang Anda miliki dan meyakinkan mereka bahwa Anda akan melakukan pekerjaan ini sebaik mungkin.

5. Tetap tenang

Apabila Anda gagal dalam menyelesaikan pekerjaan di tenggat waktu yang diberikan, jangan menjadi terlalu marah pada diri sendiri. Tetaplah tenang, karena hal tersebut sebenarnya wajar terjadi. Anda mungkin gagal dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, tapi bukan berarti tidak Anda pelajaran yang bisa dipetik, bukan? Di lain waktu Anda mungkin harus lebih pandai dalam mengelola waktu. (Vina M/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini