Sukses

Mau Kaya? Ini 7 Rahasia Jadi Miliarder

Penasihat senior Oxford Economics and Oxford Analytica, Sam Wilkin, telah bertahun-tahun melakukan penilitian tentang orang kaya.

Liputan6.com, New York - Penasihat senior Oxford Economics and Oxford Analytica, Sam Wilkin, telah bertahun-tahun melakukan penilitian tentang orang kaya. Pria 41 tahun itu menerbitkan buku, Wealth Secrets of the One Percent, yang berisi rahasia hidup para miliarder.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana seseorang menjadi kaya. "Ini lebih mudah dari sebelumnya," kata Wilkin seperti ditulis dari Timeslive.co.za, Sabtu (11/7/2015).

"Orang bisa kaya saat ini karena kebangkitan sektor keuangan dan pertumbuhan pasar negara berkembang yang cepat," lanjut dia.

Buku yang ditulis Wilkin menyebut ada tujuh rahasia kekayaan. Tapi ia melihat hanya dua hal yang benar-benar penting, yaitu menghapus kompetisi dan mengambil risiko dengan uang orang lain.

Ia mencontoh kesuksesan pendiri Microsof, Bill Gates, sebagai orang yang berhasil menguasai pasar. Hal tersebut juga terjadi pada Sergey Brin dan Larry Page yang membuat Google, serta Mark Zuckerberg pendiri Facebook.Menurut dia, sektor farmasi dan teknologi adalah tempat di mana uang berada.

Cara yang paling mudah untuk tidak memiliki pesaing adalah berbisnis di tempat yang orang lain tidak ingin melakukannya."Tempat terbaik melakukan bisnis adalah di sektor terburuk," ujarnya. "Anda ingin tempat tersulit supaya tidak ada orang lain yang melakukan hal serupa."

Contoh paling terkenal yang memakai cara tersebut adalah Rusia pasca Komunis, era 1990an. Pada 2004, Moskow menjadi rumah bagi banyak miliarder New York, Amerika Serikat. Lalu, kemudian Cina, India, Brasil, dan Meksiko menjadi rumah bagis satu dari empat milliarder dunia.

"Orang-orang ini bekerja tanpa ampun, benar-benar kompetitif. Anda harus bersedia pergi dan berjuang mati-matian untuk menjadi pemenang," tuturnya.

Berikut 7 rahasia menjadi kaya menurut Wilkin:

1. Pilih bidang yang membuat Anda dapat membangun monopoli.

Orang terkaya dunia sejak 2010-2013 asal Meksiko, Carlos Slim, mengambil kendali seluruh pasar telekomunikasi negara itu.

2. Berekspansi secepat mungkin.

Situs Amazon secepat kilat berubah menjadi toko serba ada yang mengundang masuknya uang investor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Termpat terbaik berbisnis

3. Tempat terburuk melakukan bisnis adalah yang terbaik.

Hal ini memudahkan Anda untuk mendominasi negara berkembang karena kurangnya kompetisi dan potensi pertumbuhan.

4. Ambilah risiko dengan uang orang lain.

Lakukan yang Anda bisa untuk mendorong investor berjudi dengan uang mereka.

5. Milikilah bisnis dan jadikan itu hak Anda.

Bill Gates memiliki pangsa pasar sistem operasi dunia sebesar 95 persen. Semuanya dilindungi hak kekayaan intelektual.

6. Kalau perlu, putarlah hukum menjadi tambang emas.

Dirikan industri yang terikat peraturan berbelit-beli sehingga memudahkan melanggar aturan yang tidak ada satu orang pun mengerti.

7. Bangun jaringan bisnis

Misalnya, di bidang telekomunikasi dan pengiriman barang. Para miliarder di sektor ini dapat memeras semua kompetisi yang menghalangi mereka. 

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini