Sukses

Citilink Kembali Terbang dari Denpasar dan Lombok

Citilink kembali membuka penerbangannya dari Bandara I Gusti Ngurahrai dan Lombok menuyusul situasi Gunung Raung mulai membaik.

Liputan6.com, Jakarta - Citilink Indonesia memutuskan untuk kembali menerbangi Bali dan Lombok, menyusul situasi erupsi Gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur, yang sudah mulai mereda, sehingga dinilai cukup aman untuk melakukan penerbangan dari dan ke daerah-daerah tersebut.

“Hal ini didasarkan pada pemberitahuan (NOTAM) dari otoritas bandara yang mengizinkan maskapai untuk menerbangi kembali bandara tersebut. Ditambah data-data satelit mengenai sebaran abu vulkanik dan pengamatan langsung di lapangan. Sehingga diputuskan untuk terbang,” kata President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan di Jakarta, Sabtu (11/7/2015)

Albert menjelaskan keputusan manajemen untuk terbang setelah tim crisis center memperhitungkan faktor safety atau keamanan dan keselamatan penerbangan. Baru setelah semua informasi lain yang dibutuhkan masuk dengan cepat, maka dengan segera mengeluarkan kebijakan untuk kembali menerbangi Bali dan Lombok.

Menurut rencana, penerbangan sudah mulai dilakukan kembali oleh Citilink untuk rute-rute dari Jakarta-Denpasar (PP), Surabaya-Denpasar (PP) di atas pukul 15.00 WIB atau pukul 16.00 WITA. Total jumlah penerbangan yang akan berlangsung pada sore hari sebanyak empat penerbangan.

Sementara itu, seluruh penerbangan Citilink ke dan dari Lombok pada Sabtu pagi ini sudah berlangsung lebih dulu ketimbang Bandara Denpasar, yakni sejak pukul 08.00 waktu setempat. Citilink melayani tiga kali penerbangan pulang pergi (PP) ke Lombok, yaitu Surabaya-Lombok (dua kali sehari) dan Bandung-Lombok (satu kali sehari).

“Citilink memantau secara intensif perkembangan letusan Gunung Raung termasuk analisis risiko yang akan diambil untuk melakukan penerbangan. Jika situasi semakin membaik dan erupsi juga semakin mereda, maka Citilink berharap sudah bisa kembali terbang secara penuh pada keesokan hari,” ungkap Albert.

Sehari sebelumnya Citilink membatalkan 27 perbangan dari dan ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar dan Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara barat, akibat sebaran abu vulkanik yang dinilai membahayakan penerbangan dari dan menuju Bali dan Lombok. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini