Sukses

Dekati Lebaran, Harga Tiket Pesawat Jayapura-Jakarta Meroket

Harga tiket mencapai Rp 12 juta, naik dari kondisi normal sekitar Rp 3 juta-Rp 5 juta.

Liputan6.com, Jayapura - Tiket pesawat PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dengan tujuan luar Papua habis terjual hingga akhir Juli 2. Salah satunya digunakan untuk penumpang mudik dari Jayapura ke arah kota di luar Papua. Kota tujuan terbanyak yakni Jakarta, Surabaya dan Makassar.

Kepala Service Station Manager Garuda Indonesia di Bandara Sentani Jayapura, I Gede Toro Mahendra mengatakan hingga H-7 jelang Idul Fitri 1436 H, tiket garuda dengan penerbangan luar Papua habis terjual. Dia juga mengaku ada kenaikan harga tiket yang besarnya bervariasi.

 “Semua tiket bisnis dan ekonomi sudah habis terjual. Hingga H+8 pun tiket tujuan Jayapura dari daerah Pulau Jawa dan Makassar sudah habis terjual,” katanya, Sabtu (11/7/2015)

Harga tiket sejumlah maskapai penerbangan, tujuan Jakarta-Jayapura melambung tinggi. Besarannya mencapai Rp 12 juta untuk satu kali keberangkatan. Sementara harga tiket untuk Makassar-Jakarta mencapai Rp 6 juta. Padahal harga normal tiket dengan tujuan tersebut hanya mencapai harga Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Salah satu penumpang pesawat tujuan Jayapura-Jakarta, Hulda Margaretha mengaku kecewa dengan kenaikan tiket tersebut. “Seharusnya kalau mau menaikkan harga tiket, jangan sampai naik hingga 100 persen seperti ini,"terang dia.

Harga tiket tujuan ke daerah di luar Papua memang mengalami peningkatan. Jika penumpang ingin membeli tiket murah, jelang Lebaran maka harus dipesan 3-4 bulan sebelumnya, sebab saat itu harganya masih normal. (Katharina Janur/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini