Sukses

6 Cara Mudah Tidur untuk Para Pengusaha

Sebagai pengusaha punya jadwal padat dan sulit mendapatkan ritme tidur yang rutin.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pengusaha atau wirausaha, pasti Anda bekerja giat hingga mengurangi jatah tidur. Hal ini berbahaya bagi kesehatan dan bisnis Anda.

Jangan sampai memburuknya kesehatan, berpengaruh ke cara Anda menghadapi karyawan dan pelanggan. Tha National Sleep Foundation, seperti ditulis Entrepreneur.com, Minggu (12/7/2015), bersama dengan para ahli tidur punya banyak cara supaya seseorang tidak mengalami insomnia atau sulit tidur.

Tapi tidak semua cara tersebut bisa diaplikasikan. Misalnya, soal tidur yang teratur. Sebagai pengusaha Anda pasti punya jadwal padat dan sulit mendapatkan ritme tidur yang rutin.

Ini 6 cara supaya Anda masih mendapatkan tidur meskipun dalam kondisi pekerjaan yang banyak dan menyita waktu:

1. Buatlah ruangan segelap mungkin

Tutuplah tirai ketika Anda berada di dalam kamar tidur. Blokir cahaya lorong di bawah pintu dengan handuk. Kalau Anda berada di hotel, mintalah tirai yang mampu menutup cahaya dari luar.

2. Singkirkan barang elektronik

Tinggalkan sabak dan barang elektronik lainnya di luar kamar tidur. Hal ini membantu untuk menciptakan suasana gelap gulita. Cahaya kecil dari televisi yang mati kadang mengganggung.

3. Hentikan melihat layar elektronik dua jam sebelum tidur

Hal ini berlaku untuk televisi, ponsel, dan kamera. Sebagai pengusaha, pasti Anda berat untuk meninggalkan semua itu. Badan perlu waktu untuk mengetahui jam tidurnya. Melihat layar peralatan elektronik semakin membuat Anda sulit tidur.

4. Buat jadwal tidur teratur

Cari tahu apa yang membuat Anda rileks. Mandi dengan air hangat, minum susu atau teh, semua bisa menjadi waktu Anda untuk mencari jadwal tidur. Bahkan dengan kegiatan teratur seperti gosok gigi, ke kamar mandi, dan ke tempat tidur bisa membuat tubuh tahu kapan waktunya beristirahat.

5. Cari tahu berapa lama Anda tidur

Idealnya Anda bangun tanpa memakai alarm. Tapi semua itu hanya bisa terjadi kalau tubuh cukup tidur. Biasanya kebutuhan tidur rata-rata orang dewasa sekitar delapan jam. Angka ini bisa berubah, tergantung tubuh Anda.

6. Jangan makan dua jam sebelum tidur

Begitu pula dengan minum, supaya kandung kemih tidak penuh di tengah malam. Beberapa makanan banyak yang mudah dicerna. Tapi makanan pedas, berkafein, mengandung krim cenderung mengganggu kebiasaan tidur Anda. (Elsa Analet/Ahm)

 

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.