Sukses

Pertamina Bakal Kerahkan Go-Jek untuk Suplai BBM Saat Mudik

Salah satu ancaman terbesar untuk distribusikan bahan bakar minyak yaitu kemacetan saat arus mudik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) makin siaga mengamankan pasokan bahan bakar minyak (BBM) menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu siap mengerahkan Go-Jek untuk membawa Pertamax kaleng bagi pemudik yang kehabisan bensin di tengah jalan.

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengungkapkan perseroan akan menambah BBM jenis Pertamax ke atas dalam bentuk kalengan di sejumlah Posko Mudik Pertamina. "Lokasi yang tidak ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), tapi ada posko Pertamina, pasti kita sediakan itu. Kalau bensin habis, dan kebetulan berada di posko, beli kalengan saja," terang dia saat ditemui di Jakarta, seperti ditulis Minggu (12/7/2015).

Namun dalam situasi arus mudik, ancaman terbesar dalam suplai BBM adalah kemacetan. Ahmad mengaku, apabila mobil-mobil Pertamina terkendala macet dari jalur Utara, Selatan, Timur dan Barat untuk membawa BBM kalengan ini, maka Go-Jek menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa mengantarnya kepada pemudik.

"Kalau sudah masalah dari Utara, Selatan, Timur dan Barat, macet semua, terpaksa Go-Jek atau ojek dikerahkan untuk membawa BBM kalengan ini jika pemudik kehabisan bensin di tengah jalan," kata dia.

Syaratnya, Ahmad bilang, pemudik tinggal menghubungi call center Pertamina dan siap merogoh kocek untuk membayar ongkos antar BBM. "Tinggal telepon saja call center kita, yang penting ada ongkos antarnya. Bilang saja kehabisan bensin di sini, tolong diantar. Tapi kalau motor pun tidak bisa jalan, ya sudah nasib," terang dia.

BBM Pertamax kalengan, tambah Ahmad, juga disiapkan di tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya sepanjang KM 140 rest area yang tidak ada SPBU. Bahkan Pertamina siap memarkir mobil fuelling di area tersebut untuk mengamankan persediaan.

"Kita juga mencari akses dari belakang untuk suplai. Jadi bukan cuma di dalam tol saja, kalau jalan tol macet coba akses lewat jalan yang memungkinkan," kata dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

Video Terkini