Sukses

22 BUMN Ikut Terlibat Kegiatan Mudik Gratis

Total seluruh peserta mudik gratis yang didukung 22 BUMN adalah lebih dari 78 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta - 22 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkoordinasi di bawah Kementerian BUMN memberikan fasilitas mudik bareng BUMN kepada lebih dari 78 ribu peserta mudik.

Dari 22 BUMN itu, 16 di antaranya memberikan fasilitas mudik gratis dan enam lainnya sebagai penyedia jasa mudik. Bank BTN bertindak sebagai host dalam penyelenggaraan mudik bareng BUMN pada 2015 untuk wilayah Jawa dan Sumatra.

22 BUMN yang ikut bergabung dalam kegiatan mudik bareng BUMN antara lain Bank BTN, Bank Mandiri, BNI, BRI, Pertamina, Semen Indonesia, Askrindo, Pelindo II, Telkomsel, PGN, Jasa Raharja, Taspen, Jasa Marga, Garuda Indonesia, Pupuk Indonesia, Pelindo III, Telkom, Kereta Api Indonesia, Pelni, Angkasa Pura II, Perum Damri, dan ASDP Indonesia Ferry.

Dari total jumlah pemudik, sekitar 4.000 di antaranya diberikan fasilitas mudik naik kereta api. Kemudian sekitar 450 pemudik dengan kapal laut. Sekitar 320 pemudik diberikan fasilitas mudik naik pesawat. Seluruhnya dikoordinasi oleh 22 BUMN yang telah memberikan komitmen dalam program CSR rutin tahunan memberikan fasilitas mudik gratis itu.

Direktur Utama BTN, Maryono menjelaskan total seluruh peserta mudik yang didukung oleh 22 BUMN adalah lebih dari 78.000 orang. Pemberangkatan mereka bervariasi sesuai dengan komitmen masing-masing BUMN. Memang ada yang diberangkatkan dengan kereta api, kapal laut, pesawat dan bus. Mudik Bareng BUMN ini telah dicatat oleh MURI sebagai rekor mudik dengan peserta terbanyak dalam pemberangkatan satu musim.

Seremoni pelepasan mudik yang dilakukan pada hari ini dengan memberangkatkan lebih 7.500 pemudik dengan lebih dari 150 armada bus. "Ini sebuah tindakan nyata BUMN yang dilakukan secara bersama dengan masyarakat yang akan berlibur di kampung halamannya," kata Maryono, dari keterangan yang diterbitkan, Minggu (12/7/2015).

Program mudik bersama BUMN ini merupakan sinergi antar BUMN yang dilakukan untuk membantu masyarakat, nasabah dan stakeholder. Program ini akan dijadikan sebagai program rutin tahunan BUMN dengan host secara bergantian.

Bank BTN sendiri dalam kesempatan program ini memberangkatkan 33 bus dengan jumlah pemudik 1.800 orang. Umumnya dari pemudik ini adalah para pegawai informal terkait bisnis bank BTN. Program ini bagi bank BTN merupakan salah satu kegiatan corporate social responsibility (CSR). Program mudik bareng ini merupakan kegiatan yang kedelapan kalinya dilakukan oleh BTN. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.