Sukses

Kebiasaan Orang Kaya Patut Ditiru

Kebanyakan orang kaya bisa mencapai sukses dengan hidup hemat dan menabung.

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati kekayaan menjadi impian seseorang. Akan tetapi memiliki banyak uang tidak membuat semua masalah hilang. Memang memiliki banyak uang dapat punya kebebasan untuk melakukan lebih banyak hal.

Akan tetapi itu tidak menjadi jaminan kebahagiaan. Selain itu, mungkin Anda akan terkejut kalau mengetahui orang kaya di dunia malah menghindari gaya hidup mewah. Alih-alih menggunakan kekayaan mereka untuk membeli apapun yang diinginkan, mereka malah mempertahankan gaya hidup yang wajar.

Mengapa ini terjadi? Setiap individu memiliki motivasi unik untuk menggunakan kekayaannya, tetapi secara umum ini lahir dari faktor kebiasaan. Kebanyakan orang kaya bisa mencapai sukses dengan hidup hemat, menabung, dan hidup di bawah kemampuan mereka.

Apakah Anda ingin belajar dari lima kebiasaan hemat dari orang terkaya dunia? Berikut tipsnya, seperti dikutip dari laman www.inc.com, Minggu (12/7/2015) :

1. Beli rumah sederhana

Biaya perumahan merupakan salah satu persentase terbesar dari anggaran sebagian besar rumah tangga di Amerika Serikat (AS). Karena membeli rumah adalah investasi besar maka banyak rumah tangga juga ingin punya rumah sempurna. Akan tetapi harus mengeluarkan rogoh kocek lebih dalam untuk mewujudkan rumah impian itu.

Salah satu contoh orang kaya yang masih tinggal di rumah biasa meski jadi miliarder yaitu Warren Buffet. Ia memilih tetap tinggal di rumah yang dibelinya pada 1958 hanya sekitar US$ 31.500. Meski pun memiliki kekayaan bersih dalam jumlah miliaran tetapi tidak pernah memiliki keinginan untuk pindah ke sesuatu lebih besar.

2. Hanya memegang dana tunai untuk apa yang dibutuhkan

Jika Anda memiliki kekayaan sekitar US$ 1,4 miliar mungkin Anda berniat memborong apa yang di depan mata ketika belanja. Atau melihat sesuatu menarik langsung beli. Hal ini tidak terjadi kepada pengusaha minyak, T.Boone Pickens. Di sisi lain memiliki kekayaan besar, namun ia membawa daftar belanja yang rinci dan hanya cukup membawa uang untuk apa barang yang telah direncanakan dibeli.

Salah satu kebiasaan yang dilakukan Pickens dengan tidak membuat dirinya berbelanja secara royal. Jadi ia berusaha tidak belanja secara impulsif bila memang benar-benar tidak dapat membelinya. Anda dapat menggunakan kebiasaan ini sehari-hari dengan membuat anggaran dengan hati-hati untuk hanya barang yang dibutuhkan. Tak hanya itu, Anda juga dapat membatasi uang tunai yang ada di tangan.

3. Cari penawaran

Orang kaya tidak semua langsung setuju untuk membayar penuh suatu barang. Sebaliknya, mereka membuat usaha ekstra untuk melakukan penawaran. Ini cara efisien untuk menghemat uang.

4. Pay yourself first

Orang kaya cenderung membayar diri sendiri pertama dengan memprioritaskan investasi. Mereka biasa berinvestasi di saham dan reksa dana untuk masa depannya. Orang kaya juga sebagian enggan untuk menghabiskan uangnya terhadap barang tidak perlu.

5. Menggunakan kembali barang lama

Dari pada membeli pakaian dan barang baru, Anda juga dapat menggunakan pakaian lama yang dapat di mix and match. Jangan takut untuk membelanjakan uang untuk berpakaian dengan baik. Namun hal itu jangan membuat kalap dan hanya membeli pakaian yang dapat dipakai sekali dan dua kali saja.

Pendiri Facebook saja Mark Zuckerberg sering memakai kaos sama terutama kaos abu-abu untuk pergi ke kantor. Memang tidak ada rahasia untuk menjadi kaya, dan tidak ada jalan pintas kecuali Anda menang lotre, dan lahir dalam keluarga kaya.

Meski demikian, sejumlah miliarder pun masih memilih hidup sederhana dan wajar di tengah kekayaan yang dimiliki. Miliarder itu melanjutkan hidup sederhana juga dapat menjadi salah satu strategi untuk tetap mengembangkan kekayaannya. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.