Sukses

Pertamina Gandeng TNI Bangun dan Perbaiki Infrastruktur

Pertamina bersama TNI membangun dan memperbaiki proyek infrastruktur mulai dari renovasi SD, pengecoran jalan dan rehabilitas jembatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan TNI meresmikan beberapa proyek bantuan infrastruktur senilai Rp 3,2 miliar untuk masyarakat di daerah terisolir, terpencil, miskin dan kumuh.

Direktur Hulu PT Pertamina, Syamsu Alam mengatakan proyek-proyek infrastruktur yang diresmikan meliputi renovasi SD Waringin Jaya 3 desa Waringin Kabupaten Pandeglang, pengecoran jalan di Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan, Kota Medan.

"Merupakan target dari Program Karya Bhakti TNI yang didukung penuh oleh Pertamina," kata Syamsu di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Syamsu menambahkan, Pertamina dan TNI juga rehabilitasi jembatan di Desa Suka Merindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Oku, dan rehabilitasi jembatan di Desa Parakan Nyasag, Tasikmalaya.

Melalui program Karya Bhakti TNI, Pertamina dan TNI telah menuntaskan proyek renovasi SD Waringin Jaya 3 dari semula memiliki satu ruang kelas semi permanen, kini menjadi empat ruang kelas permanen.

"Kini siswa-siswi SD Waringin Jaya 3 telah mendapatkan fasilitas penunjang belajar yang lebih nyaman sehingga dapat lebih berkonsentrasi untuk belajar dan meraih prestasi lebih tinggi," tutur Syamsu.

Pengecoran jalan sepanjang 500 meter di Kampung Nelayan Seberang dapat membantu masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sebelum proyek dilaksanakan, jalan tersebut masih berupa kayu yang sudah banyak rapuh sehingga dapat membahayakan masyarakat penggunanya.

Proyek rehabilitasi jembatan di Desa Suka Merindu, Oku sepanjang 110 meter dan lebar 1,5 meter telah menggantikan jembatan gantung yang telah rusak.

Tuntasnya proyek tersebut, kini Desa Suka Merindu telah dapat terhubung langsung dan lebih mudah dengan desa-desa terdekat, seperti Desa Nyius Sayak, Padang Bindu, Objek Wisata Goa Putri, SMPN 22 OKU, dan juga memperlancar pengangkutan hasil-hasil perkebunan warga sekitar.

Di Parakan Nyasag, Tasikmalaya, Pertamina dan TNI juga telah menuntaskan rehabilitasi jembatan sepanjang 35 meter dan lebar 1,5 meter sekaligus pengaspalan jalan sekitar 20 meter sebelum jembatan gantung.

Selama proyek pembangunan dilakukan, warga masyarakat antusias dan ikut serta dalam pembangunan yang menunjukkan tingginya kesadaran gerakan membangun desa.

"Kondisi infrastruktur di beberapa wilayah di Indonesia memang perlu dilakukan perbaikan. Di sinilah peran penting Pertamina melalui program-program CSR perusahaan, bekerjasama dengan TNI untuk membantu dan bahu-membahu membangun infrastruktur yang dibutuhkan," ujar Syamsu.

Peresmian dilakukan oleh dan Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Ngakan Gede Sugiartha G. Peresmian dipusatkan di SD Waringin Jaya 3 pada Senin 13 Juli 2015, sekaligus penyerahan bantuan buku, peralatan sekolah serta bantuan sembako sebanyak 2.000 paket dengan nilai total Rp 238,25 juta untuk masyarakat sekitar. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

Video Terkini