Sukses

Yogyakarta Masih Jadi Tujuan Mudik Favorit Masyarakat

Astindo memperkirakan tiket pesawat kelas ekonomi untuk tujuan tempat mudik sudah habis sejak pertengahan Juni 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Yogyakarta masih menjadi wilayah yang paling banyak dituju oleh masyarakat saat mudik Lebaran tiap tahunnya. Wakil Sekjen Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket (Astindo), Pauline Suharno mengatakan hal tersebut dilihat dari penjualan tiket pesawat untuk tujuan Yogayakarta yang selalu ludes terjual jauh sebelum hari H Lebaran.

"Rute mudik yang paling banyak dituju itu Yogyakarta. Kemudian ikuti oleh Solo, Semarang, Surabaya. Kalau di luar Jawa seperti Padang dan Palembang. Tujuan mudik favorit ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Pauline saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Menurut dia, pada mudik Lebaran 2015, tiket pesawat kelas ekonomi untuk tempat-tempat tujuan mudik tersebut sudah habis sejak pertengahan bulan lalu. Kalau pun masih tersedia, biasanya untuk kelas eksekutif.

"Sekarang sudah 100 persen full. Sudah penuh sejak 13-14 Juni. Kalaupun saat ini masih tersedia, paling untuk kelas eksekutif, kelas ekonomi sudah penuh," lanjut dia.

Sementara untuk arus balik, Pauline menyatakan masih lebih lenggang jika dibandingan mudik Lebaran. Hal ini lantaran banyak pekerja yang mengambil libur tambahan.

"Arus balik lebih lengang, karena mereka ada yang menunda pulang karena sekalian cuti. Jadi waktu pulangnya tidak mumpuk. Sudah terisi 90 persen (tiket pesawat), jadi juga tinggal sedikit," kata Pauline. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini