Sukses

Trik Atur Duit Buat Ibu Rumah Tangga

Anda ibu rumah tangga dan sering merasa sulit mengatur finansial yang dimiliki? Cek tipsnya di sini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pilihan karir yang dapat dipilih oleh seorang wanita, termasuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Profesi yang paling banyak dijalani sebagian besar wanita di Indonesia ini ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah.

Selain harus mampu mengurus semua keperluan rumah tangga, seorang ibu rumah tangga yang baik juga harus mampu mengatur keuangan yang dimiliki.

Seperti yang dilansir dari thesource.com, Rabu (15/7/2015) berikut beberapa tips mengatur keuangan yang dapat dipakai untuk para ibu rumah tangga:

1. Tahu ke mana uang anda pergi

Sangat penting bagi seorang ibu rumah tangga untuk mengetahui ke mana saja habisnya uang yang dimiliki. Hal tersebut merupakan hal vital yang harus dimengerti terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan keuangan.

Anda tidak akan mampu membuat rencana keuangan yang baik apabila tidak mengetahui ke mana saja habisnya uang anda. Selain itu, Anda juga harus mampu memisahkan mana saja kebutuhan yang dianggap perlu atau yang sekedar Anda inginkan.

2. Memasak makanan

Membeli makanan diluar ataupun pergi makan bersama keluarga terkadang dapat membuat boros pengeluaran Anda. Dibandingkan harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli makanan, akan lebih baik jika Anda mencoba memasak makanan yang diinginkan.

Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda juga dapat menjamin kesehatan anggota keluarga Anda dengan makanan yang disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

kupon gratis

3. Kupon gratis = sahabat Anda!

Banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih membuang kupon gratis yang didapat dari pembelanjaan mereka. Padahal, kupon tersebut dapat sangat menguntungkan bagi Anda.

Kupon yang didapat mampu membantu Anda mendapatkan secara cuma-cuma beberapa barang yang biasanya harus Anda beli. Dengan kata lain, Anda mampu untuk lebih berhemat bukan?

Foto: technoasia.com

4. Cari pekerjaan sampingan

Perkembangan zaman yang semakin pesat memberikan kesempatan yang lebih besar juga untuk para wanita untuk bekerja. Namun tanggung jawab besar yang harus dipikul dirumah membuat banyak ibu rumah tangga kesulitan apabila harus bekerja rutin layaknya di kantor.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, kesempatan kerja yang terbuka lebar dapat memberikan para ibu rumah tangga kesempatan yang sama untuk bekerja dari rumah.

Selain dapat membantu menyokong finansial keluarga, pekerjaan sampingan ini juga mampu membantu para ibu rumah tangga mengembangkan kemampuan yang dimiliki. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini